Tabel Angsuran KPR Bank Muamalat Terbaru November 2018

Diposting pada

KPR Bank Muamalat iB adalah produk pembiayaan pembelian rumah bagi nasabah. Tidak terbatas untuk pembelian rumah baru dan second saja fasilitas ini juga bisa dimanfaatkan untuk pembelian apartemen, rusun, hingga ruko. Nasabah yang ingin mengalihkan (take over) KPR dari bank lain bisa pula memanfaatkan produk syariah ini. Bahkan pinjaman ini bisa pula diajukan sebagai dana renovasi dan pembangunan rumah.

Harga lahan dan properti yang terus naik dari tahun ke tahun menjadikan sebagian masyarakat di Indonesia membutuhkan Kredit Pemilikan Rumah. Disamping membantu masyarakat dalam memperoleh rumah layak huni. KPR juga sangat penting manfaatnya bagi orang-orang yang merasa sulit mengumpulkan modal untuk membeli rumah secara cash. Salah satu produk KPR yang cukup banyak diminati masyarakat Indonesia ialah KPR Bank Muamalat.

 

KPR Bank Muamalat 2018/ 2019

Keistimewaan Kredit Pemilikan Rumah Muamalat iB ialah diberikan dengan akad syariah sehingga sangat cocok bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama islam. Secara umum KPR Muamalat iB ditawarkan dalam dua bentuk yakni akad Murabahah dan akad musyarakah mutanaqishah.

Akad Murabahah bermakna perjanjian jual beli sehingga KPR diberikan berdasar surat perjanjian jual beli antara Bank Muamalat dengan nasabah. Sedangkan akad Musyarakah Mutanaqishah merupakan perjanjian sewa menyewa antara Bank Muamalat dengan nasabah.

Selain ditawarkan dalam dua jenis akad, KPR Bank Muamalat memiliki banyak keunggulan. Berikut keunggulan KPR Muamalat iB:

  • Uang muka ringan mulai 10% dari harga rumah yang dibeli.
  • Plafon pembiayaan besar mencapai 90% dari harga rumah yang dibeli.
  • Sesuai prinsip syariah sehingga nasabah bisa terhindar dari riba.
  • Jangka waktu KPR hingga 15 tahun sehingga cicilan bulanan bisa disesuaikan dengan kemampuan nasabah.
  • Cicilan tetap selama dua tahun pertama dengan margin 9,5%.
  • Metode angsuran dengan sistem autodebit memudahkan nasabah membayar cicilan bulanan tanpa takut mengalami keterlambatan.
  • Ketentuan joint income bagi nasabah yang telah menikah sehingga persetujuan dan cicilan dapat ditentukan dari gabungan penghasilan suami istri.
  • Dapat diajukan oleh nasabah eksisting dan nasabah baru sehingga memudahkan siapa saja mengajukan KPR Muamalat iB meski sebelumnya belum terdaftar sebagai nasabah Bank Muamalat.
  • Include asuransi jiwa, sehingga sisa pembiayaan akan dilunasi oleh asuransi bila nasabah meninggal dunia.
  • Include asuransi kebakaran, memungkinkan Anda mendapatkan ganti bila terjadi musibah kebakaran atas rumah yang jadi objek pembiayaan.

 

Kriteria Nasabah yang dapat Mengajukan KPR Muamalat

Untuk mengajukan pembiayaan pembelian rumah nasabah wajib memenuhi kriteria berikut:

  1. Warga Negara Indonesia cakap hukum.
  2. Memiliki rekening tabungan di Bank Muamalat.
  3. Usia minimum 21 tahun dan maksimum 55 tahun (bagi karyawan) dan 60 tahun (bagi wiraswasta) pada saat jatuh tempo pembiayaan.
  4. Berstatus sebagai karyawan tetap dengan masa kerja minimum 1 tahun, karyawan kontrak dengan masa kerja minimum 2 tahun, dan Wiraswasta maupun Profesional.

 

Syarat Pengajukan KPR Bank Muamalat iB

Sebagai perbankan syariah pertama di Indonesia, Bank Muamalat telah memiliki jaringan luas di kota-kota besar di Indonesia. Pengajuan KPR Muamalat bisa dilakukan di kantor cabang terdekat dengan mengisi formulir permohonan dan persyaratan dokumen berikut:

DokumenKeterangan
Fotocopy KTP, KK, Surat Nikah bagi yang sudah menikah

Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak

Asli slip gaji & surat keterangan kerja (untuk pegawai/karyawan)

Fotocopy mutasi rekening buku tabungan 3 bulan terakhir

Laporan keuangan atau laporan usaha bagi wiraswasta

Fotocopy sertifikat, IMB dan PBB

Selain persyaratan di atas, bagi nasabah yang berstatus sebagai wiraswasta dan professional memerlukan beberapa dokumen berikut:

  • Fotocopy legalitas usaha mulai dari Izin Usaha atau Izin Praktik, Surat Isin Usaha Perdagangan (SIUP/ SITU/TDP),
  • Fotocopy Akta Pendirian Usaha, SKDU, dan Ijin Usaha dari Kepala Desa/ Lurah.
  • Neraca Laba Rugi usaha yang dijalankan atau laporan keuangan selama tiga bulan terakhir.
  • Bukti pendapatan usaha berupa Fotocopy rekening koran dalam enam bulan terakhir.

 

Biaya yang Diperlukan selama proses pengajuan KPR

Biaya KPR Muamalat sangat tergantung pada jenis dan harga property yang dibeli. Untuk itu biaya tersebut bisa berbeda antara satu nasabah dengan nasabah lain. Adapun beberapa biaya yang bakal dikenakan bagi nasabah saat mengajukan KPR diantaranya Biaya Administrasi dan Notaris; Biaya Asuransi dan Appraisal bila dibutuhkan.

Untuk mengetahui informasi terbaru terkait biaya-biaya tersebut anda bisa mendatangi kantor cabang Bank Muamalat terdekat di kota Anda.

 

Tabel Angsuran KPR Bank Muamalat 2018

Untuk memperkirakan jumlah cicilan bulanan nasabah membutuhkan simulasi kredit. Berikut tabel angsuran KPR Bank Muamalat 2018 yang dapat Anda manfaatkan untuk memperkirakan jumlah cicilan setiap bulan.

tabel kpr bank muamalat terbaru 2018/ 2019
Nb: Tabel cicilan di atas hanya sebatas simulasi saja. Cicilan sebenarnya ditentukan saat Anda melakukan perjanjian KPR Muamalat. Bandingkan dengan Tabel Angsuran KPR BRI Syariah 2018.

 

Take Over KPR Muamalat iB

cara take over kpr bank muamalatMemindahkan KPR dari bank lain ke Bank muamalat (take over) bisa saja dilakukan. Proses dan prosedur pengajuan take over hampir sama dengan pengajuan KPR baru dengan kriteria usia antara 21-60 tahun, dan tidak mengalami permasalah pada bank sebelumnya. Selain memenuhi kriteria utama di tersebut anda juga wajib mengisi formulir permohonan pembiayaan individu dan melengkapi dokumen berikut:

DokumenKeterangan
Fotocopy KTP, KK, Surat Nikah bagi yang sudah menikah

Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak

Asli slip gaji & surat keterangan kerja (untuk pegawai/karyawan)

Fotocopy mutasi rekening buku tabungan 3 bulan terakhir

Laporan keuangan atau laporan usaha bagi wiraswasta

Fotocopy sertifikat, IMB dan PBB

 

KPR Bank Muamalat Tanpa DP

Cukup banyak masyarakat yang mencari informasi promo KPR Muamalat tanpa DP atau uang muka. Sayangnya sesuai ketentuan di Indonesia pemberian Kredit Pemilikan Rumah tidak bisa dilakukan tanpa uang muka. Disisi lain promo bank muamalat yang selama ini pernah dilakukan ialah program KPR DP 5% dimana nasabah bisa membeli rumah dengan uang muka sebesar 5% dari harga beli. Untuk memperoleh informasi dan promo KPR Bank Muamalat terbaru Anda bisa menghubungi perbankan yang bersangkutan.