Proses Pencairan BNI Fleksi Berapa Hari?

Terkadang nasabah tidak sabar menunggu proses BNI Fleksi disetujui oleh pihak bank. Banyak dari mereka yang beranggapan bahwa pencairan dana bisa langsung dilakukan setelah aplikasi kredit diajukan. Padahal dalam setiap memberikan persetujuan pegawai bank senantiasa mengikuti Standard Operasional Prosedur (SOP).

Ya, SOP dibuat untuk dilaksanakan agar proses pinjam meminjam berjalan dengan lancar. Selain meminimalisir risiko kredit macet, prosedur pemberian persetujuan juga dimaksudkan demi kebaikan nasabah agar terhindar dari kredit bermasalah. Sebagai perbankan ternama di Indonesia, BNI tentunya sangat serius menekan Non Performing Loan (NPL ) termasuk salah satunya dalam memberikan fasilitas KTA BNI Fleksi.

Tahapan dan Proses BNI Fleksi

Pada dasarnya tahapan persetujuan kredit akan diberikan bagi nasabah yang telah melengkapi persyaratan. Proses persetujuan BNI Fleksi sendiri dilakukan dengan pertimbangan penghasilan dan pengeluaran calon peminjam. Hal ini dilakukan untuk memberikan keamanan bagi kedua belah pihak sehingga proses pinjam meminjam berjalan sesuai harapan.

Sebagai gambaran, anda bisa memperhatikan beberapa tahapan proses BNI Fleksi di bawah ini:

1. Pengajuan Aplikasi Kredit

Pengajuan aplikasi BNI Fleksi merupakan tahap pertama bagi setiap calon debitur dalam mengakses produk kredit. Proses pengajuan aplikasi dimulai dengan mengisi formulir dan melengkapi persyaratan (Baca Syarat: KTA BNI Fleksi 2018).

Pada umumnya pengisian dan pengumpulan berkas tidak memakan waktu lama, asalkan anda telah mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan. Bahkan di era digital seperti saat ini, anda juga dapat mengajukan pinjaman BNI Fleksi online melalui e-form BNI.

2. Analisis Kredit Untuk Menentukan Persetujuan

Pada tahap selanjutnya, aplikasi kredit yang telah anda kumpulkan akan dianalisis dan diverifikasi oleh petugas. Proses analisis sendiri biasanya membutuhkan waktu sekitar 7-12 hari kerja tergantung dengan sedikit banyaknya aplikasi kredit yang masuk.

Meski kredit BNI Fleksi ditawarkan dengan plafon maksimal Rp 100 juta per debitur, namun pada umumnya pihak bank hanya akan memberikan pinjaman antara 5 sampai 8 kali penghasilan (gaji) bulanan anda. Mengingat pinjaman BNI Fleksi merupakan jenis Kredit Tanpa Agunan hal tersebut ditujukan agar sama-sama memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.

3. Akad Kredit dan Pencairan Pinjaman

Jika proses analisis telah dilakukan dan pengajuan aplikasi anda disetujui selanjutnya pihak bank akan memberikan informasi pada calon debitur untuk melakukan akad kredit dan pencairan pinjaman. Hal yang perlu kita ketahui yakni pencairan pinjaman biasanya dilakukan dengan melakukan transfer ke rekening tabungan debitur.

Dalam waktu tunggu antara persetujuan kredit dan pencairan pinjaman tidak menutup kemungkinan calon debitur diminta untuk melakukan perbaikan data atau bahkan melengkapi berkas persyaratan yang dinilai masih kurang. Untuk itu pastikan ponsel anda dalam keadaan standby sehingga jika ada petugas menghubungi bisa segera anda terima.

Dari gambaran tahapan di atas dapat kita ketahui bahwa proses BNI Fleksi kurang lebih memerlukan 7-14 hari kerja. Agar proses persetujuan berjalan dengan lancar kami sarankan bagi anda untuk mengisi formulir dan melengkapi persyaratan dengan sebaik-baiknya. Semoga memberikan pencerahan bagi anda yang bertanya-tanya mengenai berapa lama proses pencairan pinjaman BNI Fleksi.