Ini Keunggulan Pinjaman Uang Jaminan BPKB dibandingkan KTA

Dewasa ini pinjaman uang jaminan BPKB Motor dan Mobil banyak ditawarkan oleh lembaga keuangan mula dari perbankan seperti Bank Mandiri, BRI, BCA, BNI, Bank Sinarmas, dan lain sebagainya. Selain perbankan lembaga pembiayaan multifinance seperti FIF, Adira, SMS Finance, Oto Finance, dan lain sebagainya. Jika kita bandingkan dengan fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) pembiayaan dengan agunan kendaraan memiliki cukup banyak keunggulan. Apa saja keunggulan yang bisa menjadi keuntungan bagi nasabah? Yuk simak ulasan lengkap di bawah ini.

Kebutuhan masyarakat akan produk keuangan khususnya pinjaman telah melahirkan inovasi lembaga keuangan dalam menyediakan layanan baik lingkup nasional maupun kedaerahan. Tidak heran jika perbankan dan lembaga multi finance saat ini memiliki cabang hampir di seluruh kota besar di Indonesia mulai dari Jakarta Utara, Jakarta Timur, Bandung, Surabaya, Cikarang, Bekasi, Cileungsi, Cibubur, Malang, Bali, Medan, Jogja, Solo, Samarinda, hingga Palembang. Semua cabang dan unit layanan yang tersebut biasanya ditujukan untuk mendekatkan diri pada pangsa pasar yang ada.

pinjam uang jaminan bpkb

Pengertian Pinjaman Uang Jaminan BPKB Kendaraan Bermotor

Pinjaman dengan agunan BPKB adalah salah satu produk kredit multiguna yang diberikan oleh lembaga keuangan baik perbankan, multi finance, maupun koperasi bagi nasabah dengan jaminan berupa kendaraan bermotor. Meski secara perjanjian jenis pembiayaan ini berbeda dengan gadai namun masyarakat terlanjur berasusmsi bahwa keduanya merupakan layanan yang sama karena sama-sama bertujuan untuk memperoleh pinjaman uang tunai.

Dari uraian di atas bisa kita simpulkan bahwa jaminan atau agunan berupa BPKB kendaraan bermotor baik itu Motor maupun Mobil berperan sebagai aset pihak debitur yang dijanjikan bagi kreditur (lembaga keuangan) jika debitur tidak dapat mengembalikan pinjaman tersebut. Dengan demikian terdapat konsekuensi khusus bagi debitur bila gagal membayar maka jaminan tersebut bisa dimiliki pemberi pinjaman (sesuai perjanjian).

 

Keungulan Pinjaman dengan Jaminan BPKB Motor & Mobil

Secara umum, jaminan berperan untuk meningkatkan nilai kredit calon debitur sehingga memudahkan lembaga keuangan melakukan persetujuan kredit sekaligus menekan risiko kredit macet. Disisi lain, nilai agunan sangat berperan penting dalam penentuan besar kecilnya nominal pinjaman. Jika kita lihat dari segi keunggulan, terdapat beberapa keuntungan bagi debitur dengan memilih layanan pinjaman uang jaminan BPKB dibandingkan dengan produk KTA, berikut beberapa diantaranya:

1. Suku Bunga Ringan

Dibandingkan dengan produk KTA, pada umumnya Kredit Multiguna dengan jaminan kendaraan bermotor memiliki suku bunga lebih ringan. Kendati demikian, masing-masing lembaga keuangan memiliki kebijakan berbeda dalam menerapkan layanan tersebut. Suku bunga yang lebih ringan secara tidak langsung mengisyaratkan bahwa dalam penilaian, risiko kredit macet debitur bersangkutan tergolong rendah. Disisi lain, nilai pinjaman biasanya lebih rendah jika dibandingkan dengan harga jual kendaraan yang dijadikan sebagai agunan. Dengan demikian jika kemungkinan terburuk terjadi, lembaga keuangan diyakini bisa menutup pinjaman debitur dengan aset jaminan yang diserahkan. Sebagai contoh, produk pinjaman BRI Jaminan BPKB atau KKB BRI Refinancing memiliki tingkat suku bunga lebih rendah (4,61%) jika kita bandingkan dengan produk BRIGuna dengan bunga lebih dari 18% per tahun.

 

2. Nilai Pinjaman Dihitung Berdasar Harga Kendaraan

Jika nominal pinjaman pada jenis Kredit Tanpa Agunan (KTA) biasanya diberikan dengan mempertimbangkan penghasilan debitur beda halnya dengan pinjaman uang jaminan BPKB motor dan mobil. Dimana nilai pinjaman yang diberikan dipertimbangkan dengan harga jual jaminan tersebut. Meski demikian, lembaga keuangan selaku kreditur juga akan mempertimbangkan penghasilan debitur untuk memperoleh porsi angsuran bulanan yang paling tepat. Untuk menyiasati perkiraan harga jual selama masa kredit, biasanya lembaga keuangan mensyaratkan kendaraan yang menjadi agunan berusia maksimal 5 atau 10 tahun.

 

3. Pencairan Dana Cepat Bahkan dalam Hitungan Jam

Persaingan lembaga keuangan dalam menawarkan produk kredit memberikan keuntungan tersendiri bagi nasabah. Salah satu persaingan yang biasa digembar-gemborkan lembaga keuangan baik bank, koperasi, maupun multi finance ialah proses pencairan pinjaman. Di berbagai kota seperti Bandung, Bogor, Cikarang, Jogja, bahkan sampai Palembang, banyak lembaga keuangan yang menjanjikan pencairan dana bisa dilakukan dalam satu hari kerja bahkan dalam hitungan jam tanpa survey. Proses persetujuan dan pencairan dana tersebut sangat bermanfaat bagi nasabah yang membutuhkan pinjaman untuk menutup kebutuhan mendesak.

 

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengajukan Pinjaman

Seluruh lembaga keuangan menawarkan produk untuk mencari keuntungan, tidak heran jika dalam memberikan layanan mereka menerapkan beberapa biaya yang dibebankan bagi debitur. Beberapa biaya yang mungkin bisa timbul dalam proses kredit selain suku bunga diantaranya sebagai berikut:

  • Biaya Provisi (Persetujuan);
  • Biaya di Muka;
  • Biaya Penalti Pelunasan Sebelum Jatuh Tempo;
  • Biaya Materai;
  • Denda Keterlambatan Pembayaran;
  • Biaya Asuransi.

Dengan memperhatikan beberapa biaya di atas, anda dapat membandingkan kelayakan produk keuangan antara satu perusahaan dengan perusahaan lain. Singkatnya, sebelum mengajukan pinjaman uang jaminan BPKB Motor dan Mobil pastikan terlebih dahulu anda mengetahui risiko sebagai debitur baik risiko biaya maupun risiko terhadap barang yang anda jadikan sebagai agunan.