5 Pinjaman Dana Gadai Sertifikat Rumah Proses Cepat

Gadai sertifikat rumah proses cepat jadi pilihan terbaik bagi setiap orang yang membutuhkan pinjaman uang. Meski produk gadai sebenarnya tidak melayani penggadaian barang tidak bergerak namun masyarakat Indonesia cenderung mengenal sebutan pinjaman dengan agunan sertifikat rumah sebagai salah satu produk gadai. Padahal secara prinsipil akad serta ketentuan pinjaman dengan jaminan cukup berbeda dengan ketentuan gadai.

Kebanyakan dari masyarakat tidak dapat bisa membedakan antara layanan gadai dengan pinjaman. Wajar jika kemudian mereka kerap mencari layanan gadai sertifikat rumah untuk memperoleh dana cepat bahkan ada pula yang mencari layanan tanpa survey. Disisi lain lembaga keuangan baik itu bank maupun non bank memberikan layanan pinjaman dana cepat jaminan sertifikat rumah dengan akad pinjam meminjam sehingga tidak memenuhi ketentuan perundang-undangan tentang produk gadai.

 

Apa Itu Gadai Sertifikat Rumah?

Istilah gadai sertifikat rumah proses cepat pada umumnya mengacu pada sebutan pinjaman dengan jaminan yang diberikan oleh lembaga keuangan bank dan non bank bagi nasabah. Di Indonesia sendiri jenis pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah cukup banyak ditawarkan oleh perbankan nasional mulai dari BRI, BNI, Bank Mandiri, BCA, Bank DKI, dan masih banyak lagi. Selain perbankan, layanan pinjaman saat ini juga banyak ditawarkan oleh Koperasi Simpan Pinjam, Bank Perkreditan Rakyat (BPR), hingga perusahaan Fintech Lending.

Dari pengertian di atas bisa kita simpulkan bahwa kecenderungan masyarakat menyebut produk gadai sertifikat rumah merupakan ungkapan yang salah kaprah. Jika tidak percaya silakan buktikan dengan mendatangi PT Pegadaian Persero dan menanyakan produk gadai sertifikat pasti akan dijawab tidak ada. Disisi lain jika anda mendatangi perbankan entah itu BRI, Danamon, BTN, BNI, Bank Mandiri, maupun BCA dan menanyakan produk gadai pasti juga akan dijawab tidak ada.

Kendati perbankan tidak memiliki produk gadai namun anda dapat mengajukan pinjaman dana cepat dengan jaminan sertifikat rumah baik untuk memenuhi kebutuhan konsumtif maupun kebutuhan produktif. Fasilitas kredit beragun sertifikat tanah dan bangunan biasanya ditawarkan dalam beberapa jenis salah satunya ialah produk pinjaman multi guna dan KPR Refinancing.

 

Secepat Apa Proses Pencairan Dana?

Jika anda bertanya secepat apa proses pencairan dana pinjaman tentunya masing-masing perusahaan memiliki ketentuan berbeda. Ada diantaranya yang berani memberikan persetujuan dalam waktu 1 (satu) hari, 7 (tujuh) hari, maupun 14 (empat belas) hari. Meski demikian mayoritas dari perbankan tidak ada yang berani menjamin bahwa pengajuan anda akan memperoleh persetujuan pasti. Untuk itu anda perlu lebih jeli memilih layanan gadai sertifikat rumah proses cepat agar memperoleh produk pinjaman sesuai kebutuhan dana.

Disamping perbedaan proses pencairan dana, syarat dan prosedur pengajuan gadai juga sangat beragam. Ada beberapa diantaranya yang memberikan persyaratan ribet, ada pula yang memberikan persyaratan mudah, atau bahkan diberikan tanpa survey terlebih dahulu.

pinjaman dana gadai sertifikat rumah proses cepat

Daftar Gadai Sertifikat Rumah Proses Cepat di Indonesia

Berikut 5 pinjaman dana cepat gadai sertifikat rumah terbaik 2018 versi UangPinjam.com.

1. Danamon Kredit Multiguna

Produk Danamon Kredit Multiguna bisa anda jadikan sebagai alternatif gadai sertifikat rumah proses cepat. Melalui produk tersebut anda dapat mengajukan pinjaman dana cepat dengan limit kredit mulai Rp 100 juta hingga Rp 2,5 miliar atau maksimal senilai 70% dari hasil appraisal sertifikat rumah yang anda jadikan sebagai jaminan. Proses persetujuan dalam 2 hari mejadikan layanan kredit multiguna dari bank Danamon layak anda pilih sebagai alternatif pinjaman dana cepat. Menariknya lagi jangka waktu pinjaman yang diberikan dapat dipilih sesuai kebutuhan mulai 1 tahun sampai 10 tahun.

Untuk dapat mengajukan pinjaman beragun sertifikat rumah ke Bank Danamon calon debitur wajib memenuhi kriteria sebagai Warga Negara Indonesia, berusia antara 21 tahun hingga 60 tahun, dan memiliki penghasilan tetap minimal Rp 2 juta per bulan. Setelah anda mengumpulkan berkas persyaratan mulai dari formulir pengajuan, Copy KTP, Kartu Keluarga, NPWP, Slip gaji/ bukti penghasilan, dan Copy rekening tabungan selama 3 bulan terakhir pihak bank akan melakukan survey untuk menentukan kelayakan aplikasi yang anda ajukan. Jika memperoleh persetujuan, pinjaman dana cepat bisa anda cairkan segera sesuai ketentuan yang berlaku.

2. Griya Multi BTN

Kredit Griya Multi BTN bisa pula anda jadikan alternatif saat membutuhkan pinjaman dengan gadai sertifikat rumah proses cepat. Hanya dalam waktu 7 hari kerja aplikasi kredit yang diajukan oleh calon debitur memungkinkan untuk mendapatkan persetujuan sehingga proses pencairan dana bisa cepat dilakukan. Sebagai gambaran umum Kredit Griya Multi diberikan bagi nasabah BTN dengan nominal Rp 100 juta hingga Rp 1 miliar dan pilihan tenor mulai 1 tahun hingga 10 tahun.

Anda harus memenuhi kriteria sebagai calon debitur diantaranya merupakan WNI dengan rentang usia 21 tahun – 65 tahun, Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap minimum Rp 3 juta per bulan, dan melengkapi berkas persyaratan yang dibutuhkan. Selain persyaratan tersebut calon debitur juga wajib menyertakan copy Sertifikat rumah atau SHM, PBB, dan legalitas jaminan lainnya.

3. Clipan Finance Kredit Multiguna

Jika anda lebih memilih layanan non bank untuk urusan gadai sertifikat rumah proses cepat bisa memanfaatkan produk Kredit Multiguna Jaminan Properti yang ditawarkan oleh Clipa Finance dalam 5 hari pencairan dana. Sebagai perusahaan Multifinance Clipan Finance manawarkan pinjaman Rp 100 juta sampai Rp 5 miliar dengan jaminan sertifikat rumah atau properti lain. Kelemahan dari layanan Clipan Finance salah satunya ialah belum memiliki kantor cabang secara luas sehingga anda yang tinggal di kota-kota tertentu bisa jadi harus mengurungkan niat karena ketidaktersediaan layanan Clipan Finance di Kota Anda.

Hingga saat ini Clipan Finance baru tersedia di beberapa kota besar di Indonesia seperti Yogyakarta, Surakarta, Balikpapan, Bandung, Bangka, Banjarmasin, Bekasi, Bengkulu, Bogor, Bungo, Bukittinggi, Cirebon, Denpasar, Depok, Jakarta, Jambi, Karawang, Kendari, Lampung, Labuhanbatu, Makassar, Manado, Medan,Padang, Palembang, Pekanbaru, Samarinda, Semarang, Serang, Sidoarjo, Surabaya, dan beberapa kota lainnya. Hal ini tentu sangat bebeda dengan keberadaan perbankan nasional yang memiliki jaringan lebih luas seperti Bank Mandiri, BRI, BTN, Bank Danamon, BCA, BNI, dan lain sebagainya.

4. BFI Finance Kredit Multigunan Refinancing

BFI Finance bisa juga anda jadikan sebagai pilihan gadai sertifikat rumah proses cepat jika di kota anda tidak terdapat kantor layanan Clipan Finance. Melalui produk Kredit Multigunan Refinancing Properti anda bisa menjadikan sertifikat rumah dan properti lain sebagai jaminan atas pinjaman dana cepat dan bisa langsung mencairkan uang dalam 7 hari.

5. Equity Loan dari Standard Chartered Bank

Standard Chartered tidak hanya menawarkan Kredit Tapa Agunan (KTA) namun juga menawarkan pinjaman dengan jaminan properti. Melalui produk Equity Loan anda dapat mengajukan pinjaman dana cepat jaminan sertifikat rumah maupun properti lain dengan plafon maksimal 80% dari perkiraan harga agunan setelah dilakukan survey oleh petugas bank. Adapun proses persetujuan dan pencairan dana paling cepat bisa dilakukan dalam 14 hari kerja. Baca juga keunggulan pinjaman dengan jaminan disini https://uangpinjam.com/pinjaman/multiguna/pinjaman-uang-jaminan-bpkb/.

Dari kelima jenis gadai sertifikat rumah proses cepat di atas anda bisa memilih Bank maupun Non Bank. Hal yang anda perhatikan sebelum mengajukan pinjaman dana cepat diantaranya biaya dan bunga pinjaman. Satu lagi jika anda memperoleh tawaran gadai tanpa survey ada baiknya terlebih dahulu memastikan perusahaan tersebut memiliki legalitas resmi sehingga keamanan agunan anda terjamin.