Syarat Terbaru Gadai Sertifikat Tanah di Bank Mandiri 2018

Salah kaprah menyebut gadai sertifikat tanah di bank Mandiri untuk jenis pinjaman dengan agunan menjadi hal wajar. Hingga saat ini masih banyak dari kita yang tidak bisa membedakan antara layanan gadai dengan pinjaman Bank Mandiri jaminan sertifikat. Padahal secara dasar hukum kedua jenis usaha untuk memperoleh pinjaman uang tersebut jauh sangat berbeda.

Asal tahu saja hukum gadai di Indonesia yang tercantum dalam Pasal 1150 KUHP menyebutkan bahwa barang yang dapat dijadikan sebagai jaminan atas utang dalam sistem gadai adalah barang bergerak. Dengan demikian tanah tidak termasuk barang bergerak yang dapat dijadikan sebagai barang gadai. Tidak heran jika kita tidak menemukan produk gadai sertifikat di Bank Mandiri.

 

Syarat Gadai Sertifikat Tanah di Bank Mandiri

Meski perbankan tidak menawarkan produk gadai, namun saat bermaksud pinjam uang di bank Mandiri dengan modal sertifikat tanah dan bangunan anda dapat mengajukan kredit dengan jaminan sebagai salah satu syaratnya. Berikut beberapa alternatif pinjaman Bank Mandiri yang dapat anda pilih sebagai alternatif gadai sertifikat tanah.

1. Mandiri Multiguna

mandiri multiguna gadai sertifikat tanah kosong di bank mandiriPilihan gadai sertifikat tanah di bank Mandiri pertama bisa anda lakukan dengan mengajukan pinjaman Mandiri Multiguna. Fasilitas KPR Multiguna adalah layanan pinjaman perseorangan dengan jaminan berupa sertifikat tanah dan bangunan. Secara umum KPR Mandiri Multiguna dibedakan menjadi dua yakni mandiri KPR take over dan Mandiri KPR Multiguna Top Up.

Anda dapat memilih layanan Kredit Mandiri Multiguna jika memenuhi kriteria utama sebagai Warga Negara Indonesia, Memiliki rentang usia antara 21 tahun sampai 60 tahun, berstatus sebagai karyawan tetap, profesional, maupun wiraswata dengan penghasilan tetap.

Selain memenuhi kriteria utama, pengajuan Kredit Multiguna juga membutuhkan dokumen persyaratan. Berikut syarat dokumen yang diperlukan selama proses kredit.

  • Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemohon dan pasangan;
  • Copy surat nikah atau surat cerai bagi nasabah yang pernah menikah;
  • Copy Kartu Keluarga (KK);
  • Copy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP);
  • Bukti penerimaan gaji atau slip gaji asli bagi karyawan/ pegawai;
  • Copy neraca rugi laba atau bukti pembukuan keuangan bagi profesional dan wiraswasta;
  • Copy legalitas usaha (akta pendirian usaha dan perizinan) bagi profesional dan wiraswasta;
  • Copy surat izin praktik bagi nasabah profesional; serta
  • Copy Sertifikat Tanah (SHM/SHGB), Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dan Pajak Bumi Bangunan (PBB).

Seluruh dokumen di atas wajib anda serahkan pada pihak bank bersamaan dengan formulir aplikasi kredit yang telah diisi lengkap (jangan sampai ada yang kosong).

 

2. Kredit Usaha Mikro (KUM)

kredit ultra mikro gadai sertifikat tanah kosong di bank mandiriBank Mandiri sebagai salah satu perbankan terpercaya di Indonesia memang banyak dituju masyarakat saat membutuhkan pinjaman uang, tak terkecuali bagi mereka para pelaku usaha mikro. Bagi anda yang berprofesi sebagai pengusaha bisa memilih Kredit Usaha Mikro (KUM) sebagai salah satu alternatif gadai sertifikat tanah di Bank Mandiri. Secara sederhana KUM dapat kita pahami sebagai fasilitas pembiayaan dari bank Mandiri yang diberikan bagi pengusaha mikro untuk memenuhi kebutuhan usaha baik sebagai kredit investasi maupun kredit modal kerja.

Berikut syarat terbaru pengajuan KUM Mandiri yang perlu anda penuhi:

Kriteria UtamaPersyaratan Dokumen
Warga Negara Indonesia
Fotokopi KTP pemohon dan pasangan
Usaha telah berjalan minimum 2 tahun
Fotokopi Kartu Keluarga
Berusia antara 21 tahun hingga 60 tahun (saat kredit lunas)
Fotokopi Surat Nikah atau surat cerai (bagi yang pernah menikah)
Tidak pernah terjerat kasus kredit bermasalah
Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
Surat keterangan usaha minimal dari Penjabat Desa/ Kelurahan
Fotokopi Buku Tabungan Bank Mandiri

Anda dapat mengajukan pinjaman hingga Rp 200 juta dengan jaminan aktiva tetap termasuk sertifikat tanah maupun gedung melalui Kredit Usaha Mikro. Pinjaman Mikro Bank Mandiri sangat cocok bagi para pengusaha mikro karena syarat pengajuan mudah dan proses cepat. Keuntungan lain yang bisa anda dapatkan melalui KUM yakni dapat memilih tenor kredit hingga 5 tahun dengan jumlah angsuran tetap tiap bulan.

Nah kedua jenis layanan di atas merupakan pinjaman yang dapat anda ajukan dengan jaminan sertifikat tanah dan bangunan sebagai alternatif gadai sertifikat tanah di Bank Mandiri. Untuk memperoleh penjelasan dan ketentuan secara resmi anda dapat mendatangi kantor perwakilan Bank Mandiri terdekat di kota anda. Silakan Baca Cara dan Syarat Mengajukan Pinjaman di Bank BNI.