Gadai BPKB Motor di Adira Finance 2018: Tips Agar Dihargai Tinggi

Diposting pada

Pinjaman tunai gadai BPKB motor di Adira Finance sepertinya sudah familier bagi masyarakat Indonesia. Selain kantor cabang yang mudah ditemukan Adira Finance juga banyak menawarkan produk pembiayaan termasuk kredit multiguna. Adapun syarat utama kredit multiguna ini yakni dengan menjadikan BPKB motor/ mobil sebagai jaminan.

Proses pengajuan pinjaman dengan jaminan BPKB motor sendiri bisa dilakukan secara mudah dengan proses cepat. Bahkan jika anda termasuk debitur aktif tidak menutup kemungkinan pencairan dana bisa dilakukan dalam 15 menit.

Gadai BPKB Motor di Adira Finance Apa Saja Syaratnya?

Secara umum persyaratan dan proses pengajuan gadai BPKB di perusahaan multifinance hampir sama ya. Mulai dari mengisi formulir permohonan, melengkapi persyaratan, hingga proses survey. Proses penilaian kelayakan debitur & nilai jual jaminan yang dilakukan oleh surveyor ini sangat menentukan apakah pengajuan diterima atau ditolak. Berikut persyaratan gadai BPKB motor di Adira.

  1. e-KTP pemohon dan pasangan.
  2. Kartu Keluarga (Fotokopi).
  3. Slip gaji atau Bukti Penghasilan bulanan.
  4. Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).
  5. Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Faktur.

Oh iya, meski kita akan menggadaikan BPKB kendaraan bermotor terkadang pihak leasing juga meminta bukti pemilikan rumah. Entah buat apa mungkin buat memastikan bahwa tempat tinggal debitur benar-benar di rumah itu (bukan rumah kontrak). Baca: Pinjaman Jaminan BPKB Motor Bank Danamon.

Persyaratan Kendaraan yang Bisa Digadaikan

Berbeda dengan gadai ilegal yang bisa menerima segala kondisi kendaraan, Adira Finance termasuk salah satu perusahaan pembiayaan yang ketat dalam menyeleksi barang gadai. Berikut beberapa syarat BPKB kendaraan yang dijadikan sebagai jaminan kredit.

  • Bila jaminan berupa BPKB Kendaraan Roda Dua (Motor): usia kendaraan maksimal 8 tahun pada saat jangka waktu kredit berakhir.
  • Jaminan berupa BPKB Mobil usia kendaraan maksimal 12 tahun pada saat tenor pinjaman selesai.
  • Jaminan berupa BPKB Kendaraan Komersil usia maksimal 10 (sepuluh) tahun hingga jangka waktu kredit.

Sebagai contoh biar mudah:

Mr. X membutuhkan pinjaman dana untuk keperluan renovasi rumah. Nah dalam hal tersebut Mr. X mendatangi kantor cabang Adira Finance untuk menggadaikan BPKB Motor Honda miliknya yang dibeli pada januari tahun 2012 silam.

Dari contoh kasus di atas dapat kita simpulkan bahwa usia kendaraan Mr. X yakni 6 tahun. Dalam hal ini tenor atau jangka waktu maksimal yang dapat diambil dalam pengajuan pinjaman tersebut hanya 2 (dua) tahun.

Tips Gadai BPKB di Adira Finance Agar Dihargai Tinggi

Sebenarnya tips ini merupakan tips sederhana, yakni melakukan seluruh prosedur dan memberi keyakinan pada surveyor bahwa anda merupakan debitur baik yang layak dan mampu mengembalikan pinjaman uang sesuai ketentuan. Agar proses persetujuan berjalan lancar dan memperoleh pinjaman dana maksimal anda bisa mempertimbangkan beberapa poin di bawah ini:

  • Isi formulir pengajuan sesuai kondisi sebenarnya. Mulai identitas diri, identitas penghasilan, dan kondisi motor yang akan anda gadaikan.
  • Pastikan usia kendaraan anda memenuhi persyaratan, semakin muda usia kendaraan semakin besar pula dana yang bisa anda pinjam;
  • Kooperatif terhadap petugas atau bahkan surveyor (bila bertemu). meski terkadang surveyor bekerja secara diam-diam namun tidak menutup kemungkinan bertemu langsung dengan anda, untuk itu pastikan anda bersifat koopertif;
  • Memastikan kondisi keuangan atau penghasilan bulanan anda cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga & melakukan angsuran bulanan.

Dengan memperhatikan beberapa tips di atas, proses gadai BPKB Motor di Adira Finance dapat berjalan dengan lancar dan memperoleh dana maksimal. Dana tersebut bisa anda manfaatkan untuk kebutuhan pribadi seperti membayar uang masuk sekolah (anak), memperbaiki bangunan rumah, hingga dipergunakan untuk modal membuka usaha.