Syarat KUR 2018

William Keles Manopo

Membangun sebuah bisnis memang tak semudah yang dibayangkan, meskipun jika melihat keuntungan yang mungkin bisa dicapai maka tak akan sebanding dengan pekerjaan sebagai karyawan biasa. Anda bisa membeli apapun yang diinginkan bahkan kemungkinan untuk menjalankan sebuah bisnis lainnya juga terbuka. Namun sebelum itu sudahkah memperhitungkan berapa besar modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis tersebut. Ada uang awal yang harus dikeluarkan sebagai bentuk modal. Pinjaman modal usaha memang bisa didapatkan dengan mengajukan ke beberapa instansi keuangan.

Seperti yang Anda ketahui bahwa jenis-jenis produk yang diberikan oleh sebuah bank memang sangat banyak, diantaranya khusus memang mau berikan modal untuk membangun bisnis, namun ada yang dikhususkan pembiayaan pada sebuah benda, baik itu rumah ataupun kendaraan. Tentunya dengan nilai atau kisaran yang beragam, ada kredit khusus untuk usaha kelas mikro hingga bisnis yang sangat besar. Seperti halnya jumlah persyaratan nya juga berbeda-beda dan jangan berharap hanya mengandalkan satu kali pengajuan akan langsung diterima.

Pinjaman modal usaha adalah uang yang didapatkan dari sebuah instansi untuk kebutuhan membangun sebuah bisnis, bisnis baru atau untuk mengembangkan yang sudah ada. banyak orang yang sudah pernah mengajukannya ke bank. Tak ada salahnya Anda sendiri juga bisa mencobanya. Berbicara mengenai jenisnya ada banyak, salah satu yang cukup populer adalah KUR atau yang dikenal dengan kredit usaha rakyat.

Tentunya nama yang sudah tak asing lagi di telinga Anda, mengingat pinjaman yang satu ini banyak ditawarkan di pasaran atas nama besar beberapa bank tertentu. Biasanya ada beberapa syarat dasar yang harus Anda berikan jika ingin dapatkan pinjaman yang satu ini.

Syarat KUR 2018

Bagi anda yang sedang mempertimbangkan mengajukan kredit usaha rakyat, tidak ada salahnya terlebih dahulu mengetahui persyaratan yang dibutuhkan. Berikut beberapa ketentuan yang wajib anda penuhi:

  1. Sudah menjalankan usaha minimal adalah 6 bulan atau setengah tahun, beberapa bank bahkan menerapkan stared yang lebih yaitu minimal 1 tahun. Ketentuan utama sehingga bank sendiri yakin bahwa uang tersebut digunakan sebagai modal pengembangan bisnis. Jadi bisnis sudah ada sebelumnya.
  2. Usaha harus disertai dengan surat izin, minimal surat keterangan dari penjabat desa atau yang berwewenang. Karena untuk menjamin bahwa unit usaha tersebut benar-benar milik Anda, bukan usaha milik orang lain, maka setidaknya surat izin juga harus ada dan sah. Tak heran jika beberapa orang sebelumnya harus mulai mengurus terlebih dahulu pada notaris, tentunya nanti ada pajak tambahan yang dikenakan kepada debitur.
  3. Setiap yang mengajukan pinjaman harus bersih atau tak menerima pinjaman dari instansi keuangan yang lainnya, ini masuk dalam syarat pokok, dimana setiap calon debitur dilarang memiliki hutang lainnya, dimaksudkan agar Anda juga tak terbebani pada saat pembayaran, prioritas utama nantinya hanya pada hutang untuk satu bank tersebut, jadi mereka merasa terjamin juga keamanannya. Namun beberapa jenis pinjaman masih diperbolehkan seperti diantaranya menggunakan kartu kredit, KPR, maupun jenis kredit konsumtif lainnya.
  4. Ada syarat administrasi yang harus dibayarkan, hal ini meliputi biaya-biaya seperti pajak dan juga biaya jasa.
    Dokumen harus lengkap, seperti yang tertera dalam syarat utama pastinya dokumen menjadi bagian yang sangat penting, mulai dari keberadaan data diri hingga surat-surat usaha juga fotocopy penghasilan dari bisnis yang tengah dijalankan atau mungkin Anda memiliki pekerjaan utama akan lebih baik lagi.

Itulah setidaknya beberapa syarat wajib yang harus Anda penuhi saat ingin ajukan pinjaman modal usaha dengan produk KUR. Selain KUR 2018 sebenarnya ada produk-produk lain yang bisa dijadikan alternatif seperti KTA atau juga kredit multiguna.

You Might Also Like