Syarat & Cara Mengajukan KUR BRI Syariah Terbaru 2018

Apa saja syarat dan cara mengajukan KUR BRI Syariah 2018? Berikut Penjelasan dan simulasi Tabel Angsuran KUR BRI Syariah 2018 – Bagi anda yang lebih memilih layanan bank syariah daripada perbankan konvensional seperti BRI, BNI, maupun Bank Mandiri kini BRI Syariah hadir menawarkan kredit usaha rakyat dengan suku bunga rendah. Anda bisa menjadikan BRI Syariah sebagai salah satu alternatif pengajuan pinjaman modal kerja dan investasi dengan subsidi suku bunga dari pemerintah tersebut. Sebagaimana yang kita ketahui BRIS menjadi perbankan syariah pertama yang mendapatkan izin menyalurkan KUR sejak tahun lalu.

Munculnya BRIS sebagai bank penyalur KUR 2018 tentu saja memberikan warna baru bagi masyarakat Indonesia dalam memilih layanan pinjaman KUR dari pemerintah. Perlu kita ketahui bersama bahwa BRIS tidak menyalurkan seluruh jenis kur sebagaimana BRI konvensional yang menyakurkan KUR jenis Mikro, Ritel, dan TKI. Di tahun ini BRIS hanya menyalurkan Kredit Usaha Rakyat jenis Mikro dimana plafon maksimal yang dapat diberikan sebesar Rp 25 juta.

Bagaimana Cara Menghitung Bunga KUR BRI Syariah?

Wajar bila anda mempertanyakan cara menghitung sekaligus membayar suku bunga KUR dimana selama ini pemerintah mematok suku bunga KUR sebesar 9% per tahun. Bagi perbankan konvensional seperti BRI, BNI, dan Bank Mandiri hal ini tentunya sudah lazim, namun tidak demikian dengan BRI Syariah yang menerapkan prinsip dan hukum islam dalam memberikan layanan. Untuk itu BRI Syariah menerapkan akad Murabahah dalam menyalurkan KUR 2018. Dengan menerapkan akad Murabahah/ Jual Beli BRIS mengatur sedemikian rupa margin keuntungan per tahun yang setara dengan bunga KUR 2018 yang telah ditetapkan pemerintah.

Hal lain yang perlu kita pahami yakni bahwa BRI Syariah hanya akan menyalurkan Dana KUR 2018 bagi pelaku usaha yang sesuai dengan ketentuan dan memenuhi persyaratan penggunaan dana melalui sistem Jual Beli. Adanya penetapan margin yang dilakukan oleh BRI Syariah mampu menerapkan pola angsuran tetap sehingga nasabah dapat melakukan cicilan murabahah dengan nominal tetap. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa penyaluran dana KUR secara syariah dan konvensional bisa dibilang tidak ada perbedaan kecuali penerapan suku bunga yang dikonversikan atau dirubah ke dalam bentuk margin keuntungan bagi bank.

Sebagai perbankan syariah terkemuka di Indonesia, BRI Syariah telah memiliki sistem jaringan online sehingga layak dan mampu menyalurkan program kredit usaha rakyat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Tabel Angsuran Pinjaman KUR BRISyariah 2018

Untuk mengetahui simulasi kredit usaha rakyat dari Bank BRIS anda dapat melihat tabel di bawah ini:

tabel kur bri syariah

Persyaratan calon debitur KUR Mikro iB BRISyariah

Individu (perorangan) yang melakukan usaha produktif dan layak menerima dana KUR.
Usaha telah aktif minimal 6 bulan .
Melengkapi dokumen berupa EKTP, Kartu Keluarga, dan Surat Ijin Usaha (bila ada).

Ketentuan Penyaluran KUR Bank BRI Syariah

Besar Pembiayaan Maksimal Rp 25 Juta per Nasabah.
Jangka waktu maksimal 3 tahun untuk pembiayaan modal kerja.
Jangka waktu maksimal 5 tahun untuk pembiayaan investasi.
Diberikan tanpa biaya administrasi.

Prosedur dan Cara Pengajuan KUR Bank BRI Syariah

  • Calon debitur mengajukan surat permohonan kredit usaha rakyat ke kantor BRI Syariah terdekat dengan domisili/ lokasi usaha.
  • Mengisi formulir aplikasi kredit sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Melengkapi data penunjang seperti ijin usaha (bila ada), pembukuan keuangan, dan lain sebagainya.
  • Pihak BRI Syariah akan melakukan penilaian terhadap pengajuan yang anda lakukan.
  • Bila usaha yang menjadi objek pembiayaan layak sebagai penerima dana KUR selanjutnya pihak bank akan menyetujui permohonan pinjaman tersebut.
  • Pada tahap berikutnya penandatanganan dilakukan atas perjanjian pembiayaan KUR BRI Syariah dengan akad Murabahah.
  • Pencairan dana dilakukan sesuai ketentuan dan mekanisme yang berlaku.
  • Setelah menerima pencairan dana, anda wajib melakukan angsuran sesuai dengan nominal yang telah ditetapkan (tergantung plafon pembiayaan yang disetujui).

Uraian di atas merupakan syarat mengajukan KUR BRI Syariah 2018. Sebelum mengajukan pembiayaan pastikan anda juga telah memahami tabel angsuran KUR BRI Syariah 2018 agar dapat memperkirakan kemampuan usaha yang anda jalankan.