Nih Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Bagaimana cara mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan? Bagi sebagian pengusaha keberadaan modal usaha sangat penting artinya untuk kelangsungan bisnis yang telah ada. Selain sebagai modal kerja modal usaha biasanya juga berperan sebagai investasi manakala seorang wiraswasta ingin mengembangkan bisnis mereka. Di Indonesia sendiri keberadaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sangat penting perannya bagi pertumbuhan ekonomi. Tidak heran jika saat ini cukup banyak lembaga keuangan yang menawarkan pembiayaan modal kerja dan investasi baik itu Bank, Koperasi, Leasing, maupun Fintech.

Sebelum membahas mengenai cara mendapatkan pinjaman modal kerja tanpa jaminan tidak ada salahnya jika kita pahami terlebih dahulu jenis pinjaman modal kerja yang dikenal di Indonesia.

pinjaman modal usaha tanpa jaminan

Jenis Pinjaman Modal Usaha

Modal pinjaman adalah salah satu modal eksternal dan berasal dari luar perusahaan yang bersifat sementara. Lebih lanjut, bagi pengusaha pinjaman modal tersebut menjadi suatu hutang yang harus dibayarkan sesuai perjanjian yang ada. Modal pinjaman sendiri pada umumnya dapat kita kelompokkan menjadi tiga yaitu:

1. Pinjaman Jangka Pendek

Merupakan pinjaman modal usaha dengan jangka waktu pendek. Biasanya jenis pembiayaan ini hanya berlaku untuk beberapa bulan dan maksimal satu tahun. Pada umumnya, lembaga keuangan memberikan pinjaman pendek bagi pengusaha dalam beberapa bentuk mulai Kredit Rekening Korang, Kredit Wesel, dan lain sebagainya.

2. Pinjaman Jangka Menengah

Sebagaimana namanya pinjaman modal usaha jangka menengah memiliki tenor kredit lebih panjang jika dibandingkan pinjaman jangka pendek. Lembaga keuangan biasanya menawarkan pinjaman jangka menengah dengan tenor lebih dari satu tahun dan maksimal 10 tahun. Kendati demikian tidak semua lembaga keuangan baik Bank maupun non bank menawarkan produk kredit yang satu ini.

3. Pinjaman Jangka Panjang

Modal pinjaman jangka panjang bisa kita pahami sebagai pembiayaan modal kerja dan investasi dengan tenor lebih dari sepuluh tahun.

Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Sebenarnya ada banyak sekali cara mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa agunan. Berikut beberapa cara yang bisa anda coba dalam rangka menghimpun modal usaha khususnya untuk keperluan modal kerja dan investasi.

1. Mengajukan Pinjaman Secara Personal

Pinjaman secara personal menjadi pilihan utama saat seseorang membutuhkan modal usaha tanpa agunan. Dengan meminta tolong pada teman atau saudara yang memiliki kelebihan dana kita tidak perlu khawatir akan suku bunga maupun bagi hasil usaha. Namun demikian berhutang pada seseorang lebih memiliki resiko sosial dibandingkan dengan pinjaman dari lembaga keuangan. Selain faktor di atas, pinjaman secara personal juga sangat terbatas karena kita tidak bisa memastikan berapa nominal yang bisa kita dapatkan. Tidak heran jika dewasa ini masyarakat lebih memilih fasilitas kredit perbankan dibandingkan berhutang secara personal.

2. Pinjaman Melalui Fintech Lending

Kehadiran perusahaan Fintech Lending dewasa ini baik dalam bentuk P2P maupun Crowdfounding memudahkan masyarakat khususnya pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang membutuhkan pendanaan untuk mengajukan pinjaman. Kendati tidak semua namun saat ini terdapat beberapa Fintech yang menawarkan pembiayaan modal usaha tanpa agunan. Berikut beberapa diantaranya:

– Modalku

Modalku adalah platfom Fintech yang ditawarkan oleh PT Mitrausaha Indonesia Group. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi finansial, Modalku menjadi wadah bagi investor dan pelaku usaha yang membutuhkan pinjaman modal. Melalui Modalku anda dapat mengajukan pinjaman modal usaha tanpa jaminan. Kendati ditawarkan tanpa jaminan proses pengajuan pinjaman tetap harus mengikuti peraturan yang ada yakni membutuhkan seorang Penjaminan Pribadi atau Personal Guarantor.

Fasilitas pinjaman tersebut saat ini bisa anda ajukan secara online dengan nominal mulai Rp 50 juta hingga Rp 5 miliar per debitur. Adapun tenor yang dapat anda pilih yakni mulai 3 bulan sampai 24 bulan. Guna mengetahui detail fitur yang ditawarkan dan suku bunga yang berlaku silakan simak ulasan sebelumnya tentang pinjaman online untuk modal usaha.

– Kimo

Khusus bagi anda yang bergerak di bidang usaha penjualan pulsa saat ini telah hadir KIMO yakni layanan pinjaman untuk keperluan modal usaha tanpa agunan khusus bagi penjual pulsa. Perusahaan fintech yang dikeluarkan oleh PT Creative Mobile Advennture ini berperan sebagai perantara bagi investor dan peritel yang membutuhkan tambahan modal untuk membeli pulsa dagangan. Sayangnya saat ini KIMO baru memberikan layanan untuk M-Kios Telkomsel.

3. Mengajukan Kredit Usaha Rakyat

Kredit Usaha Rakyat (KUR) bisa anda pilih menjadi salah satu sarana untuk memperoleh pinjaman tanpa jaminan untuk modal usaha. Pada peraturan yang dikeluarkan pemerintah, pembiayaan modal kerja dan investasi jenis Mikro dapat diajukan tanpa jaminan. Kendati demikian anda perlu memilih dan memilah lembaga penyalur KUR yang menerima pengajuan pinjaman tanpa mewajibkan jaminan. Menariknya lagi, program KUR tergolong sebagai pinjaman dengan bunga rendah yakni hanya 7% efektif per tahun. Selain mudah diajukan, lembaga penyalur KUR saat ini cukup banyak mulai dari Bank BRI, BNI, Bank Mandiri, BCA, hingga lembaga keuangan non bank seperti Adira Finance.

Cara mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan di atas bisa saja anda coba dalam rangka mengembangkan bisnis yang telah ada. Meski demikian khusus untuk pengajuan pinjaman modal secara online kami sarankan bagi anda untuk memilih Fintech terpercaya dan telah terdaftar OJK.