Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI Bisa Sampai Berapa Juta?

Uang Pinjam – Barangkali ada diantara pembaca yang bertanya pinjaman KUR BRI bisa sampai berapa juta? Pertanyaan ini terkadang muncul di benak pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) yang tengah mencari info terkait maksimal pinjaman KUR BRI. Kebutuhan modal kerja dan investasi tiap-tiap pengusaha pastilah tidak sama. Hal ini bisa terjadi karena banyak faktor mulai dari jenis usaha yang dijalankan, jenis investasi yang hendak dibiayai, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh kecil bisa kita ibaratkan dua pelaku usaha sebut saja Pak Mardi merupakan pedagang roti dan kue dan Pak Sinun merupakan produsen roti dan kue. Meski keduanya sama-sama menjalankan usaha di bidang kuliner namun kebutuhan modal keduanya dalam menjalankan bisnis sangatlah berbeda. Dalam perkembangannya kedua pelaku usaha tersebut membutuhkan pinjaman modal kerja untuk menjalankan bisnis mereka.

Sebagai seorang pedagang yang hendak menambah dagangannya, Pak Mardi hanya membutuhkan tambahan modal Rp 10 juta untuk menambah varian roti dagangan. Sementara itu Pak Sinun yang berprofesi sebagai produsen roti dan kue membutuhkan tambahan modal Rp 60 juta untuk mengembangkan bisnis nya dengan memperbanyak bahan baku guna mendukung produksi lebih banyak.

Dari contoh kasus di atas tentu saja keduanya bisa sama-sama mengajukan kredit usaha rakyat melalui Bank BRI dengan nominal pinjaman sesuai kebutuhan. Hanya saja jika dilihat dari kebutuhan pinjaman keduanya harus mengajukan jenis KUR berbeda. (Baca: Tabel KUR BRI 2018)

Berapa Juta Maksimal Pinjaman KUR BRI?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis kredit usaha rakyat yang memungkinkan diajukan untuk kebutuhan modal kerja dan investasi:

1 Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro BRI

Jenis pertama adalah KUR Mikro yakni pinjaman modal kerja dan investasi dengan maksimal plafon Rp 25 juta per debitur.

2 Kredit Usaha Rakyat (KUR) Ritel BRI

Jenis KUR Ritel merupakan pinjaman modal kerja dan investasi dengan jumlah pinjaman di atas Rp 25 juta sampai Rp 500 juta.

Singkatnya, dari kedua jenis KUR BRI di atas bisa kita simpulkan bahwa maksimal pengajuan pinjaman KUR BRI bisa sampai Rp 500 juta. (Baca: Perbedaan KUR Mikro & KUR Ritel BRI).

Dengan melihat ulasan di atas kita bisa menjawab pertanyaan pertama mengenai “KUR BRI bisa sampai berapa juta?” Pengajuan pinjaman dengan nominal maksimal Rp 25 juta dapat tercover melalui KUR Mikro BRI. Sementara untuk nominal pinjaman di atas Rp 25 juta, Rp 50 juta, Rp 100 juta hingga Rp 500 juta bisa juga tercover namun melalui KUR Ritel BRI. Jadi maksimal pinjaman KUR BRI yang bisa diajukan tahun 2018 yakni Rp 500 juta.