Keunggulan Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2018

Kredit Usaha Rakyat (KUR) – Hingga 2018 ini pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia mengalami peningkatan cukup pesat. Disisi lain keberadaan UMKM mampu berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja dalam negeri sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Tidak heran jika pemerintah memberikan perhatian khusus terhadap sektor UMKM dengan tujuan memberikan dukungan sekaligus dorongan dengan meluncurkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

KUR merupakan program pinjaman dari pemerintah dengan subsidi suku bunga sehingga pelaku UMKM dapat mencari pinjaman modal kerja dengan bunga jauh di bawah produk kredit pada umumnya. Pemerintah menyadari bahwa pertumbuhan UMKM di Indonesia tidak terlepas dari kontribusi perbankan dan lembaga keuangan dalam menyalurkan kredit produktif nya. Bahkan beberapa pihak mengatakan bahwa pertumbuhan kredit UMKM mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Di sisi lain Indonesia baru mampu memberikan dukungan pembiayaan bagi UMKM sekitar 20% dari total usaha mikro kecil dan menengah.

Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan di atas dievaluasi lah program kredit Usaha Rakyat agar lebih mudah dijangkau UMKM. Dengan mengajukan Kredit Usaha Rakyat anda dapat meningkatkan usaha bahkan berinvestasi dengan modal pinjaman.

kredit usaha rakyat 2018

Keunggulan Kredit Usaha Rakyat

Bagi anda yang masih bertanya-tanya tentang apa saja keunggulan dari program KUR? Berikut jawabannya:

  • Suku bunga rendah.
  • Plafon pinjaman fleksibel sesuai kebutuhan.
  • Syarat pengajuan mudah.
  • Mendapatkan subsidi suku bunga dari pemerintah.

Selain keunggulan di atas masih terdapat beberapa keunggulan lain seperti di bawah ini:

# Dapat Diajukan Sebagai Kredit Modal Kerja

Pinjaman KUR dapat anda ajukan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja usaha yang anda geluti. Dengan demikian anda bisa saja mengajukan pinjaman modal untuk membeli barang dagangan, barang mentah, maupun membiayai inventory.

# Dapat Diajukan Sebagai Kredit Investasi

Selain dapat diajukan untuk kebutuhan modal kerja, KUR juga bisa dijadikan sebagai solusi terbaik bagi anda dalam memodernisasi dan perluasan usaha, pembaharuan mesin produksi, dan kebutuhan lain yang berkaitan dengan investasi.

# Bermanfaat Bagi BPR dalam menyalurkan Kredit pada nasabah

KUR juga bermanfaat bagi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) untuk disalurkan kembali pada pelaku usaha kecil dengan metode pemberian pinjaman Executing or Asset Buy.

# Bermanfaat Bagi Koperasi Karyawan

Kredit Usaha Rakyat juga dapat diajukan oleh Koperasi Karyawan yang nantinya disalurkan pada anggotanya untuk keperluan dan kebutuhan tertentu sesuai ketentuan yang berlaku. Dengan demikian koperasi karyawan akan lebih bermanfaat dan terasi kontribusi nya terhadap perekonomian anggota.

# Bermanfaat Bagi Calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI)

Selain untuk keperluan modal kerja dan investasi program KUR juga bisa dijadikan sebagai solusi terbaik bagi calon TKI yang akan berangkat kerja ke luar negeri. Dengan adanya fasilitas ini calon TKI diuntungkan karena bisa mengajukan pinjaman sebagai modal perjalanan penempatan kerja.

Dari berbagai keunggulan di atas tentunya anda dapat menyimpulkan bagaimana program Kredit Usaha Rakyat berkontribusi dalam pertumbuhan UMKM dan perekonomian Indonesia. Simak ulasan sebelumnya tentang Syarat KUR 2018.