Dana KUR 2018 Ditambah Jadi Rp 120 Triliun

Diposting pada

Pinjaman Uang Indonesia – Pemerintah melalui Komite Kebijakan Pembiayaan bagi UMKM dan Penyalur KUR menetapkan dana KUR 2018 sebesar Rp 120 triliun. Penetapan tersebut dilakukan dalam rapat evaluasi KUR 2017 dan rencana penyaluran KUR 2018 yang dilaksanakan pada jumat (7/12).

Dalam rapat tersebut juga telah ditetapkan beberapa poin penting terkait skema KUR 2018 diantaranya menurunkan suku bunga dari 9% menjadi 7% efektif per tahun dengan menambah jumlah subsidi, dan mentargetkan minimum 50% dari total dana untuk disalurkan pada sektor produktif.

dana kur 2018

Selama ini sektor produktif menjadi prioritas penerima pembiayaan untuk memperbesar kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sekaligus mampu menambah penyerapan tenaga kerja. Hal ini senada dengan pernyataan yang dikeluarkan oleh Yuana Sutyowati selaku Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop dan UMKM.

Lebih lanjut, kebijakan terhadap skema penyaluran KUR 2018 juga dipertimbangkan atas fakta di lapangan. Data Bank Indonesia (BI) yang menunjukkan bahwa segmen UMKM di Indonesia jumlahnya mencapai 59 juta, namun dari jumlah tersebut baru sekitar 19% UMKM mendapatkan akses perbankan. Dengan demikian masih terdapat lebih dari 47 juta UMKM belum memperoleh akses perbankan.

Pada kesempatan lain, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dalam keterangan tertulis menyatakan bahwa penyaluran KUR harus terus didorong ke sektor produksi. Tujuannya agar program pemberian pinjaman modal kerja dan investasi dengan bunga rendah ini dapat dirasakan manfaatnya oleh UMKM secara merata.

Selama ini sektor produksi memang lebih sulit memperoleh akses perbankan lantaran memiliki risiko yang lebih tinggi. Untuk itu pemerintah telah menyiapkan skema KUR khusus guna mendorong percepatan penyaluran kredit usaha rakyat di sektor produksi seperti perkebunan dan peternakan rakyat.

Skema Khusus adalah skema penyaluran bagi kelompok usaha bersama dalam bentuk klaster untuk komoditas peternakan dan perkebunan dengan memanfaatkan mitra usaha.

Dana KUR 2018 ditargetkan sebesar Rp 120 triliun atau naik sekitar Rp 13,4 triliun dari tahun sebelumnya. Dari keseluruhan anggaran tersebut 50% atau Rp 60 triliun ditargetkan bagi sektor produktif.