KTA Mandiri Lama Cair? Mungkin Ini Sebabnya

Diposting pada

KTA Mandiri lama cair pastinya karena ada beberapa sebab yang membuat persetujuan permohonan kredit nasabah molor. Padahal Bank Mandiri telah menjanjikan proses persetujuan dan pencairan pinjaman dalam waktu 7-14 hari kerja. Untuk itu ada baiknya kita mengetahui beberapa sebab kenapa pengajuan aplikasi kredit kita belum juga mendapatkan jawaban dari pihak bank.

Secara umum penyebab proses persetujuan KTA lama dapat kita bedakan menjadi dua faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal. Kendala masalah internal bisa disebabkan oleh banyaknya aplikasi kredit yang masuk sehingga menumpuk dan harus diverifikasi secara berurutan oleh petugas analisis kredit. Jika kita mengalami kendala ini mau tidak mau harus menunggu hingga analisis kredit yang kita ajukan selesai.

KTA Mandiri Lama Cair Karena Faktor Eksternal

Selain faktor internal sebagaimana yang telah kita sampaikan di atas penyebab utama proses pencairan pinjaman Bank Mandiri lama cair karena faktor eksternal. Berikut beberapa penyebab yang bisa memperlambat proses analisis kredit yang kita ajukan:

1. Pengajuan kredit yang dilakukan mendekati hari libur.

Sebagaimana yang kita ketahui, bank Mandiri memberikan layanan jam kerja mulai hari senin sampai jumat. Meskipun ada beberapa unit kerja yang memberikan layanan di hari sabtu dan minggu namun jumlahnya sangat terbatas.

Secara logika jika kita mengumpulkan aplikasi kredit mendekati hari libur entah itu weekend maupun hari libur nasional seperti mendekati Hari Natal, Hari Raya Idul Fitri, Tahun baru, dan lain sebagainya bisa dipastikan memerlukan waktu lebih lama.

2. Formulir aplikasi KTA Mandiri tidak terisi sebagaimana mestinya.

Dalam formulir KTA Mandiri ada cukup banyak data yang harus diisikan calon debitur mulai dari Data Pribadi, Data Pasangan, Data Pekerjaan, Data Pinjaman Lain, Fasilitas Permohonan Nasabah, Data Keluarga Dekat, hingga Data Perbankan.

Baca: Syarat KTA Mandiri untuk Karyawan

KTA Mandiri lama cair bisa juga disebabkan karena ada kesalahan calon debitur dalam mengisi formulir kredit. Untuk itu sebelum menandatangani formulir tersebut ada baiknya kita membacanya sekaligus memastikan kebenaran data yang telah kita isikan.

3. Dokumen persyaratan kurang memadahi.

Beberapa persyaratan dokumen mulai dari Fotocopy KTP, Kartu Kredit, Rekening Tabungan, dan lain sebagainya menjadi salah satu hal penting dalam memberikan persetujuan kredit. Meski kita telah berusaha melengkapi persyaratan tersebut tidak menutup kemungkinan proses persetujuan dan pencairan dana berlangsung lama karena dokumen yang kita kumpulkan kurang memadahi.

Kurang memadahi disini bukan berarti masih terdapat dokumen yang seharusnya dikumpulkan namun bisa juga disebabkan karena fotocopy yang kurang jelas atau bahkan karena slip gaji yang dikumpulkan bukan slip gaji terbaru.

Selain beberapa faktor di atas, bisa juga pengajuan KTA Mandiri lama cair karena sebab lain seperti terkendala masalah BI Checking, Plafon pengajuan pinjaman yang kurang tepat, dan lain sebagainya.