Pinjam KTA untuk Modal Usaha? Mikir!

Kredit Tanpa Agunan atau KTA untuk modal usaha memang memungkinkan didapatkan. Namun kita perlu berpikir lebih jauh lagi tentang kelebihan dan kekurangan memanfaatkan produk kredit yang satu ini untuk kegiatan produktif. Disisi lain produk KTA biasanya diberikan bagi nasabah dengan latar belakang pekerjaan dan penghasilan jelas karena salah satu ciri pinjaman KTA yakni sumber pembayaran cicilan berasal dari penghasilan tetap debitur. Lantas apa jadinya jika produk kredit ini diajukan untuk merintis atau memulai suatu usaha? Simak ulasan di bawah ini untuk memperoleh informasi secara detail.

Modal usaha menjadi salah satu poin penting bagi setiap orang dalam memulai bisnis. Wajar jika sebagian besar calon wiraswasta memikirkan sumber permodalan untuk mewujudkan ide bisnis yang telah ia rencanakan. Terkadang untuk memenuhi kebutuhan tersebut kita beranggapan bahkan perbankan menjadi solusi terbaik untuk memperoleh modal usaha secara instan. Namun demikian pernahkan anda berfikir bahwa pinjaman bank hanya diberikan bagi nasabah yang memiliki sumber penghasilan jelas? Yup, hal ini sudah menjadi hal wajar karena setiap pemberi pinjaman tidak ingin menanggung risiko terhadap kemampuan debitur dalam mengembalikan pinjaman.

 

Mengajukan KTA untuk Modal Usaha, Bisa Saja, Asal…

Kredit Tanpa Agunan merupakan fasilitas pinjaman yang dapat diakses debitur tanpa memerlukan jaminan. Meski demikian terdapat beberapa persyaratan utama bagi calon debitur yang tidak dapat ditawar seperti memiliki pekerjaan tetap, dan berpenghasilan stabil. Hal ini menjadi syarat utama karena sumber cicilan yang menjadi kewajiban debitur sepenuhnya dibayarkan dari sumber penghasilan tetap tersebut.

Lantas apa hubungannya dengan pengajuan KTA untuk modal usaha?

Dari persyaratan atau kriteria utama di atas dapat kita simpulkan bahwa seseorang yang dapat mengajukan KTA bank yakni mereka yang telah mapan secara finansial dan memiliki penghasilan bulanan yang stabil entah itu berstatus sebagai karyawan maupun wiraswasta. Jadi dengan persyaratan tersebut seseorang yang ingin merintis usaha jelas tidak memungkinkan untuk mengajukan pinjaman KTA Kecuali, nasabah tersebut (calon debitur) saat ini berstatus memiliki usaha dengan penghasilan stabil maupun berstatus sebagai seorang karyawan tetap.

crowdfunding alternatif kta untuk modal usaha

 

Bagaimana Solusi Memperoleh Pinjaman Modal Usaha?

Nah bagi anda yang ingin merintis sebuah usaha namun terkendala ketersediaan modal bisa memilih salah satu dari beberapa alternatif berikut ini sebagai solusinya.

  • Alternatif pertama yakni mencari investor. Kendati demikian mencari investor untuk usaha baru memang tidak mudah. Anda perlu meyakinkan orang tersebut akan keberhasilan ide usaha yang akan anda dirikan sekaligus menawarkan bagi hasil yang menguntungkan bagi dirinya.
  • Alternatif kedua jika anda ingin pinjam modal usaha dari bank mau tidak mau ya harus terlebih dahulu merintis dari kecil. Pilihan memulai usaha dengan ketersediaan modal pas-pasan tidak berarti anda tidak dapat mengembangkannya di masa yang akan datang. Sebagai alternatif nya anda bisa memulai usaha hingga layak menjadi Usaha Kecil yang dapat mengajukan pinjaman ke bank. Salah satu pinjaman dengan bunga rendah bisa anda peroleh dari program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dapat diajukan melalui bank penyalur baik itu BRI, BNI, Bank Mandiri, BRI Syariah, dan lain sebagainya.
  • Alternatif ketiga anda dapat mengajukan pinjaman online melalui Fintech Crowdfunding. Melalui Fintech Crowdfunding anda bisa memperoleh pinjaman modal usaha secara online dengan cara penggalangan dana. Sebagaimana fungsinya, Crowdfunding memungkinkan seseorang mengajukan pinjaman pada investor dengan menawarkan keuntungan imbal balik bagi mereka. Di Indonesia sendiri saat ini telah muncul beberapa Crowdfunding terkemuka seperti Modalku, GandengTangan, KitaBisa, dan lain sebagainya.

Dari ulasan di atas bisa kita bilang mustahil jika produk pinjaman KTA dapat diperoleh seorang wiraswasta pemula tanpa memiliki sumber penghasilan tetap yang jelas. Dengan kata lain, pinjaman KTA untuk modal usaha bisa saja didapatkan asal debitur memiliki sumber penghasilan tetap baik dari statusnya sebagai karyawan, maupun wirawasta pemilik usaha yang telah berjalan. Jangankan Kredit Tanpa Agunan, program Kredit Usaha Rakyat (KUR) saja tidak bisa diajukan jika calon debitur sama sekali belum memiliki usaha yang telah berjalan. Kendati demikian sebelum mengajukan pinjaman modal usaha anda perlu memastikan bahwa margin keuntungan dari bisnis lebih besar dibandingkan suku bunga pinjaman. Dengan demikian kewajiban pembayaran cicilan atau angsuran bisa berjalan dengan lancar.