Kredit BRIGuna 2018 Untuk Karyawan & Pensiunan

Pada dasarnya Kredit BRIGuna 2018 merupakan fasilitas pinjaman dari Bank BRI bagi seorang karyawan atau Pensiunan dengan sumber pembayaran (pengembalian pinjaman) berasal dari penghasilan tetap baik itu dari gaji sebagai karyawan maupun uang pensiun bagi seorang pensiunan. Terkadang masyarakat mengenal produk kredit yang satu ini dengan sebutan KTA BRI, padahal secara jelas pinjaman ini diberikan dengan agunan berupa SK Pengangkatan kerja maupun SK Pensiun.

Hingga tahun 2018 ini BRI membedakan BRIGuna menjadi tiga jenis yakni BRIGuna Karya, BRIGuna Purna, dan BRIGuna Umum. Ketiga jenis tersebut dibedakan berdasarkan status calon debitur yang hendak mengajukan pinjaman. Untuk lebih jelasnya simak perbedaannya berikut ini:

  • BRIGuna Karya: Merupakan fasilitas kredit yang ditujukan bagi nasabah yang masih aktif bekerja (karyawan) dengan sumber pengembalian pinjaman berasal dari gaji.
  • BRIGuna Purna: Fasilitas kredit yang ditujukan bagi nasabah yang sudah tidak aktif bekerja namun mendapatkan uang pensiunan yang dibayarkan tiap bulan. Dimana uang pensiun tersebut menjadi sumber dana pengembalian pinjaman.
  • BRIGuna Umum: Diberikan bagi nasabah yang saat pengajuan masih berstatus sebagai karyawan aktif namun tenor atau jangka waktu pinjaman yang diambil sampai dengan masa pensiun.

Salah Mengenal BRIGuna sebagai Kredit Tanpa Agunan (KTA) BRI

Banyak sekali informasi yang salah kaprah terhadap fasilitas kredit yang satu ini. Mentang-mentang prosedur pengajuan Kredit BRIGuna 2018 tidak memerlukan jaminan berupa aset berharga baik itu BPKB Mobil maupun Sertifikat Rumah banyak yang menganggap bahwa produk ini termasuk jenis Kredit Tanpa Agunan. Tidak heran jika kemudian banyak informasi kurang akurat menyebut bahwa pinjaman BRIGuna merupakan KTA BRI 2018 dan bisa diajukan tanpa agunan apapun.

Dalam kenyataannya Bank BRI mengharuskan calon debitur untuk menyertakan SK Pengankatan Kerja hingga SK Kenaikan Pangkat Terakhir, dan atau SK Pensiun. Dokumen dan berkas inilah yang menjadi agunan atau jaminan.

Kredit BRIGuna 2018

Sebagai gambaran umum simak ringkasan produk BRIGuna berikut ini:

Nama Produk
Kredit BRIGuna
Plafon Pinjaman
10 - 500 Juta
Jangka Waktu
12 - 60 Bulan
Proses Cepat7 Hari
Metode Pengajuan
Online/ Offline

Sebagai bank dengan jaringan terluas di Indonesia BRI menawarkan produk BRIGuna sebagai salah satu pinjaman multiguna yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan konsumtif dan produktif. Nasabah bisa mengajukan kredit ini untuk beragam kebutuhan pribadi seperti renovasi rumah, biaya pendidikan anak, biaya fasilitas kesehatan atau berobat, biaya persalinan, biaya pesta perkawinan, hingga membeli barang bergerak maupun tidak bergerak.

Pinjaman Sejenis:

Ketentuan Debitur

Sebagaimana yang telah kita uraikan di atas, ketentuan utama calon debitur yakni merupakan karyawan dan atau pensiunan yang memiliki penghasilan tetap setiap bulan. Lebih detail lagi berikut syarat BRIGuna yang harus anda penuhi:

Kewarganegaraan
Warga Negara Indonesia (WNI)
Pekerjaan
Karyawan Aktif/ Pensiunan
Usia
21 Tahun s/d 65 Tahun
Gaji Minimum
Rp 3 Juta/ Bulan
Syarat Kartu Kredit
N/A
Ketentuan Lain
N/A

Untuk menentukan jenis pinjaman BRIGuna mana yang paling tepat bagi anda silakan tanyakan pada perbankan yang bersangkutan dengan mendatangi kantor cabang maupun unit BRI.

Dokumen yang Dibutuhkan

Agar proses pengajuan berjalan lancar, tidak ada salahnya jika anda terlebih dahulu mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan dalam pengajuan Kredit BRIGuna. Adapun dokumen tersebut diantaranya dapat anda simak melalui tabel berikut:

Dokumen
Karyawan
Fotocopy eKTP

Bukti Penghasilan (Slip Gaji/SKP/SPT)

Fotocopy Credit Card
(untuk nasabah non payroll)
N/A
Fotocopy Rekening Tab. 3 bulan terakhir
-
NPWP

Fotocopy eKTP Pasangan
-
Fotocopy Surat Nikah/ Akte Cerai
-
Fotocopy Kartu Keluarga
Pas Foto 4x6
SK Pengangkatan Kerja dan SK Terakhir/ SK pensiun bagi pensiunan

Dokumen di atas merupakan beberapa berkas persyaratan yang harus disertakan dalam proses pengajuan pinjaman BRI 2018 khususnya melalui produk Kredit BRIGuna.

Biaya & Suku Bunga

Meski hampir semua produk Bank BRI memiliki keunggulan dibandingkan produk lain, namun anda tetap perlu memperhatikan suku bunga dan biaya yang akan dibebankan pada debitur. Berikut beberapa biaya yang perlu anda ketahui:

Suku Bunga
1,45 % - 1,54% per bulan
1,45 % untuk tenor pinjaman 12-24 bulan
1,54 % untuk tenor pinjaman 30-60 bulan
Administrasi
Rp 100.000
Provisi
1,5% dari pencairan pinjaman
Asuransi
Sesuai ketentuan
Materai
-
Pelunasan sebelum jatuh tempo
Sesuai ketentuan
Denda Keterlambatan
Sesuai ketentuan
Biaya Lainnya
Sesuai ketentuan

Fasilitas Kredit BRIGuna menjadi salah satu solusi pinjaman bagi anda yang berstatus sebagai karyawan maupun pensiunan dengan pendapatan tetap per bulan. Ada banyak sekali keunggulan produk kredit yang satu ini, diantaranya:

  1. Proses pengajuan dan persetujuan cepat.
  2. Bunga dan biaya ringan.
  3. Metode bunga flat dengan cicilan atau angsuran tetap setiap bulan.
  4. Plafon pinjaman tidak terbatas.
  5. Include fasilitas asuransi jiwa.
  6. Tenor pinjaman fleksibel hingga 15 tahun.
  7. Program dan promo menarik yang kerap diadakan BRI.

Simpulan

Memanfaatkan fasilitas kredit dari bank manapun untuk keperluan pribadi sebenarnya sah-sah saja. Namun anda tetap harus mempertimbangkan keuntungan maupun kerugian (risiko) yang akan anda hadapi termasuk dalam memanfaatkan Kredit BRIGuna BRI. Sebelum memutuskan untuk mengambil pinjaman, pastikan anda merupakan personal yang mampu mengembalikan pinjaman tersebut sesuai ketentuan yang berlaku. Meski fasilitas BRIGuna memungkinkan untuk diajukan sebagai pemenuhan kebutuhan produktif, namun kami sarankan bagi anda yang membutuhkan pinjaman modal usaha untuk mengajukan Kredit Usaha Rakyat/ KUR BRI 2018 dengan bunga rendah.

Meski pemain fintech kini bermunculan dengan menawarkan pengajuan pinjaman BRI online, tidak ada salahnya anda tetap mengutamakan pengajuan secara konvensional dengan mendatangi kantor cabang terdekat atau menghubungi call center BRI di 14017. Satu lagi yang perlu anda ingat produk ini merupakan Kredit BRIGuna 2018 sehingga jangan menanyakan layanan Kredit Tanpa Agunan maupun KTA BRI 2018 pada petugas bank.