Cara Pinjam Uang di Bank Mandiri Agar Cepat Disetujui

Diposting pada

Salah satu Cara tepat untuk memperoleh dana tambahan ialah dengan mengajukan pinjaman melalui Bank Mandiri. Perbankan yang terdaftar sebagai salah satu BUMN ini memang cukup memperoleh kepercayaan di hati nasabah lantaran layanan yang profesional. Cara pinjam uang di Bank Mandiri juga tergolong sangat mudah dan cepat. Terlebih Bank Mandiri banyak menawarkan jenis produk pembiayaan baik untuk keperluan konsumtif maupun produktif sehingga sangat fleksibel sebagai sumber dana segala kebutuhan. Bahkan nasabah juga bisa memilih jenis pinjaman dengan jaminan maupun tanpa jaminan yang dikenal sebagai Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Cara pinjam uang di Bank Mandiri secara garis besar bisa kita bedakan menjadi dua yakni pengajuan langsung yang meliputi pengajuan melalui sales/ marketing dan dengan mendatangi kantor layanan terdekat. Cara kedua pengajuan pinjaman bisa dilakukan secara online baik melalui situs resmi Bank Mandiri maupun Fintech seperti Cermati, CekAja, dan Halomoney.

 

Produk Pinjaman Bank Mandiri

Bank Mandiri memiliki beragam produk kredit yang dapat kita pilih untuk memperoleh pinjaman guna pembelian barang secara langsung maupun pinjaman tunai yang dapat dipergunakan sebagai sumber dana tertentu. Khusus untuk memperoleh pinjaman uang tunai kita bisa memilih jenis pinjaman berikut ini.

1. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

KTA Mandiri merupakan fasilitas pembiayaan bagi nasabah tanpa syarat jaminan apapun. Nasabah dapat memilih layanan ini sebagai sumber pinjaman untuk memenuhi kebutuhan pribadi seperti Perbaikan Rumah, Biaya Pendidikan, Biaya Liburan, Biaya Persalinan, Biaya Pernikahan, dan lain sebagainya. Selain tidak membutuhkan jaminan, Kredit Tanpa Agunan memiliki banyak keunggulan sehingga banyak dipilih oleh nasabah. Bahkan limit pembiayaan yang ditawarkan Bank Mandiri tergolong besar dengan platon maksimal Rp 200 juta dan jangka waktu sampai 10 tahun. Adapun persyaratan yang dibutuhkan pada saat pengajuan aplikasi KTA Mandiri bisa anda lihat di bawah ini.

Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
Fotokopi ID card pegawai
Surat Asli Keterangan Kerja & Slip Gaji Asli
Fotokopi rekening tabungan 3 bulan terakhir
Materai 6.000 sebanyak 3 lembar
Pas Poto 4 X 6 (Pemohon dan Pasangan)
Fotokopi Kartu Kredit

Baca Juga: KTA Mandiri 2018

2. Kredit Multiguna

Mandiri Kredit Multiguna pada dasarnya merupakan sebutan dari produk KPR Multiguna dimana syarat jaminan yang diperlukan adalah properti bisa berupa Rumah, Ruko, Rukan, maupun Apartemen. Fasilitas pembiayaan yang dapat dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan pribadi ini ditawarkan dalam dua jenis yakni KPR Mandiri Multiguna Take Over dan KPR Mandiri Multiguna Top Up. Kriteria nasabah yang dapat mengajukan pinjaman Multiguna Bank Mandiri diantaranya: berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun; Berstatus sebagai karyawan tetap dengan masa kerja minimal 1 tahun atau profesional maupun wiraswasta dengan masa kerja 2 tahun. Mandiri Kredit Multiguna menjadi salah satu cara pinjam uang di Bank Mandiri secara cepat dan mudah. Adapun persyaratan dokumen pengejuan Kredit Multiguna Bank Mandiri diantaranya sebagai berikut.

Fotocopy E-KTP atau Paspor.
Fotocopy Kartu Keluarga (C1).
Fotocopy Rekening Tabungan selama 3 bulan terakhir.
Surat keterangan penghasilan atau slip gaji terakhir.
Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
Fotocopy akad kredit dari bank asal KPR.
Fotocopy akad kredit dari bank asal KPR.
Print out baki debet dari bank tempat KPR awal.
Fotocopy legalitas rumah yang menjadi objek KPR.

Baca Juga: Pinjaman Bank Mandiri Jaminan Sertifikat Rumah

3. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Selain memilih kedua jenis pinjaman di atas yang merupakan produk kredit perseorangan anda juga bisa memperoleh pinjaman bisnis dari Bank Mandiri salah satunya melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR sendiri sejatinya merupakan program pemerintah dalam pemberdayaan UMKM di Indonesia dengan menyediakan akses pinjaman modal kerja dan investasi. Keunggulan dari KUR sendiri tidak lain terdapat pada persyaratan yang mudah serta suku bunga rendah yakni hanya 7% per tahun. Berikut beberapa kriteria yang perlu anda penuhi bila berkehendak mengajukan KUR Mandiri.

Perorangan atau Individu pelaku usaha produktif serta layak menerima pinjaman KUR
Telah menjalankan usaha secara aktif minimal selama 6 bulan
Tidak dalam kondisi menerima fasilitas kredit dari perbankan manapun kecuali kredit konsumtif seperti KKB, KPR, dan atau Kartu Kredit
Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (C1), Surat Ijin Usaha

Simak: Tabel KUR Mandiri 2018

4. Kredit Usaha Mikro (KUM)

Selain Kredit Usaha Rakyat yang notabenya merupakan program pemerintah, Bank Mandiri juga memiliki produk pembiayaan sendiri yakni Kredit Usaha Mikro (KUM). KUM adalah fasilitas pinjaman dari Bank Mandiri yang ditujukan bagi pengusaha mikro guna memenuhi kebutuhan modal kerja dan investasi. Limit pembiayaan hingga Rp 200 juta bisa saja anda peroleh secara cepat melalui produk KUM Mandiri.

 

Cara Pinjam Uang di Bank Mandiri

Secara garis besar cara pinjam uang di Bank Mandiri bisa anda lakukan melalui beberapa tahap. Berikut prosedur umum pengajuan pinjaman di Bank Mandiri secara langsung.

1. Tentukan Produk Pinjaman Sesuai Kebutuhan

Menentukan jenis pinjaman yang paling tepat sangat penting sebelum anda memutuskan untuk mengajukan aplikasi kredit. Jika anda berkeinginan mengajukan pinjaman tanpa jaminan pastinya harus memilih layanan KTA Mandiri. Sementara itu jika anda bermaksud mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat tanah dan rumah bisa memilih Kredit Multiguna. Pun demikian jika anda akan menggunakan dana pinjaman untuk memenuhi kebutuhan investasi dan modal kerja bisa memilih salah satu pinjaman bisnis baik itu Kredit Usaha Rakyat (KUR) maupun Kredit Usaha Mikro (KUM) Mandiri.

2. Datangi Kantor Layanan Bank Mandiri

Cara pinjam uang di Bank Mandiri bisa anda mulai dengan mendatangi kantor layanan baik itu Kantor Mandiri Mitra Usaha, Kantor Cabang, maupun Cabang Pembantu. Pada saat pengambilan nomor antrian pastikan anda memilih antrian menuju Customer Service. Pada Customer Service anda bisa menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan sehingga petugas bank akan menginformasikan produk yang anda inginkan sekaligus mengarahkan anda pada tahapan berikutnya.

3. Ajukan Aplikasi Kredit

Pengajuan aplikasi kredit bisa dimulai dengan mengisi formulir permohonan, melengkapi persyaratan, serta menyerahkan aplikasi tersebut pada petugas bank. Agar aplikasi anda cepat disetujui sebelum menyerahkannya pada petugas ada baiknya anda pastikan terlebih dahulu data dan informasi yang telah anda isikan mulai informasi pribadi, pekerjaan,keluarga, dan lain sebagainya. Selain itu dokumen pendukung atau persyaratan dokumen sebaiknya juga anda cek kembali untuk memastikan semuanya merupakan berkas terbaru dan masih berlaku (KTP, NPWP, dan lain sebagainya).

4. Menunggu Verifikasi dan Persetujuan

Setelah aplikasi kredit anda serahkan tahapan cara pinjam uang di Bank Mandiri selanjutnya tinggal menunggu verifikasi dan persetujuan. Proses ini bisa memakan antara 7-14 hari tergantung dari pihak bank. Agar proses verifikasi berjalan lancar kami sarankan bagi anda memastikan contact yang anda isikan pada lembar formulir pengajuan benar-benar valid dan dapat dihubungi. Beberapa contact seperti Nomor HP pemohon, Nomor telepon kantor, hingga contact person keluarga dekat sebaiknya anda pastikan dapat dihubungi dengan mudah.

5. Pencairan Pinjaman

Jika permohonan pinjaman ke Bank Mandiri yang anda ajukan ditolak maka anda tidak memiliki kesempatan memperoleh sejumlah dana talangan. Sebaliknya jika pengajuan anda memperoleh persetujuan proses selanjutnya akan diinformasikan oleh petugas bank hingga pencairan pinjaman melalui rekening bank milik peminjam.

Dengan melihat serta memperhatikan poin-poin penting cara pinjam uang di Bank Mandiri di atas anda bisa menyimpulkan sendiri apa saja yang harus anda lakukan agar aplikasi yang anda ajukan mendapatkan persetujuan. Sebelum mengajukan aplikasi kredit kami sarankan bagi anda untuk senantiasa mengukur kemampuan pengembalian dana sehingga dapat meminimalisir risiko kredit yang anda hadapi.