Bunga Kredit Bank Mandiri 2019 Bakal Naik

Diposting pada

Bank Mandiri rencananya akan menaikan suku bunga kredit secara signifikan mulai Januari 2019. Kemungkinan ini terjadi akibat dampak keputusan Bank Indonesia (BI) yang telah menaikan suku bunga acuan menjadi 6%. Sebelumnya BI dalam Rapat Dewan Gubernur pada tanggal 14 15 November lalu BI memutuskan menaikkan suku bunga acuan 7 Days Reverse Repo Rate sebesar 25 bps. Dengan demikian dari Suku Bunga Acuan sebelumnya sebesar 5,75% saat ini naik jadi 6%.

Bunga kredit bisa kita artikan sebagai bentuk balas jasa dari debitur kepada pihak bank (pemberi pinjaman). Meski tidak signifikan kenaikan suku bunga kredit bakal berdampak terhadap pertumbuhan dan kemampuan bayar debitur atas cicilan mereka khususnya pada segmen Kredit Pemilikan Rumah dan Kredit Kendaraan Bermotor. Untuk itu masing-masing bank memiliki kebijakan berbeda dalam menanggapi kenaikan suku bunga acuan, demikian halnya Bank Mandiri.

 

BI Naikan Suku Bunga Acuan Jadi 6%

Pada kamis lalu, 15 November Bank Indonesia dalam Rapat Gubernur BI memutuskan menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 bps. Atas keputusan tersebut suku bunga acuan otomatis berubah dari 5,75% jadi 6%.

Banyak ekonom dalam negeri beranggapan bahwa kenaikkan suku bunga acuan BI sebenarnya sudah agak terlambat. Kendati demikian, kebijakan tersebut cukup memberikan dampak positif bagi perekonomian khususnya dalam menahan keluarnya dana asing dari pasar modal Indonesia.

Meski secara umum kenaikan suku bunga acuan akan mempengaruhi Non Perfoming Loan (NPL) namun untuk saat ini BI yakin tidak bakal mempengaruhi NPL. Hal ini senada dengan pernyataan Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo dalam acara Pelatihan Wartawan Ekonomi Nasional, di Solo, Jawa Tengah 17 November. Menurut beliau NPL tetap masih terjaga baik, karena transmisi kepada suku bunga tidak one on one.

Lebih lanjut, Dody mengatakan bahwa keputusan BI sebagai Bank Sentral dalam menyesuaikan suku bunga acuan tidak bergantung pada Bank Sentral Amerika Serikat. Pada kesempatan sebelumnya Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan bahwa keputusan menaikkan suku bunga acuan dilakukan sebagai salah satu usaha dalam menutunkan Curent Account Deficit (CAD) ke dalam batas aman.

 

Suku Bunga Kredit Bank Mandiri 2019

suku bunga kredit bank mandiri 2019
Menanggapi kebijakan BI dalam menaikkan suku bunga acuan di atas Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bahwa Bank Mandiri bakal menyesuakan kenaikan suku bunga secara signifikan pada Januari 2019.

Kendati demikian pihaknya akan terus melihat bagaimana kemampuan bayar nasabah (debitur) serta pertumbuhan kredit atas kenaikan suku bunga tersebut. Lebih lanjut, Kartika mengatakan bahwa bunga kredit pada segmen Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) akan dinaikan lebih cepat. Sedangkan segmen Kredit UKM dan menengah belum akan dinaikan.

Sebagai tambahan, berdasar segemen bisnis pada 30 september 2018 lalu Bank Mandiri menerapkan Suku Bunga Dasar Kredit sebagai berikut:

  • Kredit Korporasi 9,95% efektif per tahun.
  • Kredit Ritel sebesar 9,95% efektif per tahun.
  • Kredit Mikro 17,75% efektif per tahun.
  • Kredit Konsumsi KPR 10,25%.
  • Kredit Konsumsi Non KPR sebesar 12,00%.