Pinjaman Online Pribadi – Kenali Untung Ruginya

Pinjaman online pribadi bermanfaat bagi kamu yang sedang membutuhkan uang tambahan. Banyak institusi keuangan baik bank maupun non bank pemberi pinjaman menawarkan pembiayaan kepada nasabah dengan suku bunga menarik, metode pengembalian fleksibel, dan pengajuan mudah melalui layanan online. Manfaat ini menjadikan pinjaman online menjadi pilihan yang sangat populer saat ini. Apalagi layanan pinjaman uang online mayoritas ditawarkan dengan cepat, sehingga dana akan langsung cair dalam hitungan jam.

Sebagian lembaga keuangan saat ini telah menerapkan sistem online guna memasarkan produk pinjaman mereka. Kamu bisa mengajukan permohonan kredit melalui website maupun aplikasi berbasis smartphone jika sewaktu-waktu membutuhkan pinjaman cepat. Berkembangnya teknologi informasi juga memungkinkan pengguna membandingkan suku bunga dan biaya dari beberapa produk pinjaman online pribadi sebelum menentukan pilihan layanan mana yang layak kamu manfaatkan.

Berikut adalah keuntungan pinjaman online yang dapat kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum mengajukan aplikasi kredit.

Kenyamanan dalam Mengakses Produk

pinjaman online pribadi 2019Keuntungan pertama yang bisa kamu rasakan dalam pengajuan pinjaman online pribadi yakni kenyamanan dalam mengakses produk tersebut. Setiap pengajuan pinjaman baik melalui bank maupun non bank mewajibkan calon debitur mengisi formulir. Dalam formulir tersebut biasanya calon debitur harus mengisi data mulai dari informasi pribadi, informasi pekerjaan, kontak darurat, dan lain sebagainya.

Metode pengajuan online memungkinkan anda mengisi formulir pinjaman di rumah secara akurat karena benar-benar dapat mencari data dengan tenang. Benefit ini memberikan keuntungan besar bagi calon debitur sehingga tidak perlu bolak balik menuju kantor layanan institusi keuangan seperti bank dan koperasi.

Pemanfaatan Dana Secara Fleksibel

Pinjaman online pribadi bisa kamu manfaatkan untuk memenuhi segala kebutuhan mendesak baik untuk keperluan konsumtif seperti bayar biaya rumah sakit, bayar uang sekolah, hingga membeli barang elektronik rumah tangga. Selain itu pinjaman online juga dapat kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan produktif seperti membuka usaha baru hingga menambah modal usaha guna mengembangkan bisnis yang telah berjalan. Meski fasilitas ini hampir sama dengan Kredit Tanpa Agunan yang ditawarkan perbankan, namun jika dilihat dari segi pemanfaatan jelas pinjaman uang online memiliki fleksibilitas lebih tinggi.

 

Suku Bunga dan Biaya Transparan

Keuntungan ketiga saat kamu memilih pinjaman online pribadi yakni sistem informasi suku bugna dan biaya yang transparan. Sebelum mengajukan permohonan kredit kamu benar-benar dapat mengetahui biaya dan suku bunga pinjaman yang berlaku. Bahkan dengan mudah calon debitur dapat mengetahui berapa cicilan bulanan yang harus dibayarkan dan rincian biaya jasa apa saja yang dikenakan.
Keuntungan bukan hanya bisa kamu rasakan karena transparan dalam menerapkan biaya dan suku bunga. Lebih lanjut kamu bisa membandingkan biaya tersebut dengan biaya pinjaman sejenis yang sama-sama ditawarkan secara online. Dengan demikian kemungkinan kamu memperoleh pinjaman paling murah sangat besar.

 

Dokumen Persyaratan Mudah

Sebagaimana pengajuan pinjaman tanpa agunan melalui perbankan, pinjaman online pribadi juga mengharuskan calon debitur melengkapi sejumlah dokumen persyaratan. Beberapa syarat yang perlu kamu lengkapi diantaranya seperti KTP dan Bukti Penghasilan. Jika kita bandingkan dengan fasilitas Kredit Tanpa Agunan dari beberapa bank terkemuka di Indonesia, syarat pengajuan pinjaman online lebih mudah karena tanpa syarat kartu kredit,dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Secara umum perkembangan internet telah menyederhanakan proses pinjam meminjam sehingga memberikan cukup besar keuntungan. Ketersediaan pinjaman online pribadi telah mengubah cara masyarakat dalam mencari dan memperoleh uang pinjaman. Kamu dapat memilih layanan pinjaman tanpa agunan maupun jenis pinjaman dengan jaminan dengan cara lebih mudah. Namun demikian perlu kamu ingat, meski pinjaman uang online memberikan cukup banyak keuntungan bagi pencari pinjaman tentunya juga memiliki beberapa kekurangan yang bisa menimbulkan kerugian.

Berikut beberapa kerugian jika kamu mengajukan pinjaman online pribadi.

Bunga dan Biaya Sangat Tinggi

Walaupun berbekal teknologi informasi memungkinkan kamu memperoleh pinjaman bunga paling rendah. Namun tidak dapat dipungkiri jika jenis pinjaman uang online memiliki tingkat suku bunga lebih tinggi dibandingkan pinjaman bank. Tingginya suku bunga dan biaya memang sepadan dengan risiko pemberi pinjaman karena tidak memiliki jaminan apapun. Bahkan mereka berani memberikan pinjaman hanya dengan syarat KTP saja.

Meski di satu sisi pinjaman online pribadi memberikan keuntungan bagi pengguna, namun disisi lain kamu bakal dirugikan karena suku bunga tinggi. Rata-rata pinjaman online menerapkan bunga harian antara 0,9% hingga 1,3% per hari. Untuk menarik calon debitur platform pinjaman online biasanya menerapkan suku bunga rendah tapi meninggikan biaya jasa dan biaya lainnya. Jika kita akumulasikan dalam hitungan bulan, biaya jasa dan bunga pinjaman uang online jauh lebih tinggi dibandingkan dengan biaya dan bunga pinjaman bank maupun koperasi. Untuk itu sebelum mengajukan aplikasi kredit online dari paltform manapun, perhitungan suku bunga dan biaya harus anda pahami terlebih dahulu.

 

Risiko Privasi Pengguna, Kredit Macet dan Penagihan

pinjaman online pribadiSetiap penyelenggara pinjam meminjam berbasis online memberlakukan ketentuan pengguna atau privasi. Celakanya pengguna layanan pinjaman online pribadi cenderung malas untuk membaca syarat ketentuan karena banyak dan bisa memakan waktu cukup lama guna memahaminya.

Apalagi jenis pinjaman uang online berbasis aplikasi yang biasanya menginformasikan ketentuan privasi sebelum seseorang menginstall aplikasi. Beberapa ketentuan privasi bisa saja menimbulkan risiko sangat fatal.

Untuk itu sebelum menginstall aplikasi pinjaman online sebaiknya kamu lebih hati-hati jika aplikasi meminta izin untuk mengintip dan melihat beberapa data ponsel. Beberapa ketentuan yang perlu kamu waspadai diantaranya jika aplikasi tersebut mengharuskan kamu memberi izin untuk mengintip kontak, isi SMS, dan data aplikasi lain yang kamu gunakan.

Hal ini perlu kamu perhatikan karena sangat berisiko jika sewaktu-waktu terjadi masalah kredit macet. Lazimnya tim penagihan akan menagih secara langsung terhadap debitur baik melalui SMS, panggilan telepon, maupun mendatangi rumah dan kantor tempat debitur bekerja. Namun jika hal ini tidak memungkinkan mereka lakukan karena alasan tertentu, tidak menutup kemungkinan mereka akan melakukan penagihan dengan menghubungi kontak yang ada di ponsel kamu sebagaimana berita yang sempat viral beberapa waktu lalu terkait cara penagihan pinjaman online sangat meresahkan.

Dengan mengetahui untung rugi memilih layanan pinjaman online pribadi di atas, anda dapat menentukan sikap apakah akan tetap memanfaatkan teknologi finansial technology ini atau kembali ke layanan tradisional dengan mendatangi institusi keuangan terdekat. Apapun pilihan kamu semuanya ada risikonya, untuk itu ukur selalu risiko sebagai seorang debitur sehingga dapat terhindar dari masalah keuangan yang lebih serius.