Kelebihan & Kekurangan Pinjaman Online Amar Bank

Diposting pada

Setiap produk keuangan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, demikian halnya dengan pinjaman online Amar Bank yang ditawarkan tanpa jaminan mulai Rp 2.000.000 hingga Rp 20.000.000. Meski Amar Bank tergolong perusahaan keuangan baru yang berdiri tahun 1991 lalu, namun keberadaannya menjadi pelopor dunia perbankan dalam memasarkan produk keuangan secara digital. Melalui platform Tunaiku, Amar Bank menawarkan Kredit Tanpa Agunan yang memudahkan nasabah mengakses sekaligus mengajukan aplikasi kredit secara online.

Di tengah menjamurnya perusahaan Fintech non bank, Amar Bank memiliki nasabah loyal tersendiri khususnya di wilayah kerja meliputi Surabaya, Jabodetabek, dan Sidoarjo. Layanan perbankan yang bermarkas utama di Gedung Grha Niaga Thamrin Lantai 5 Area B2 Jl. KH Mas Mansyur Kebon Kacang 10220 Tanah Abang Jakarta Pusat ini menjadi penyedia kredit tanpa agunan baru di tanah air. Bahkan dalam perkembangannya pinjaman online Tunaiku kini telah hadir di beberapa kota lain seperti Bandung, Yogyakarta, dan Medan.

 

Apa Itu Pinjaman Amar Bank?

pinjaman uang online amar bankTunaiku atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pinjaman online Amar Bank merupakan produk unggulan yang menawarkan Kredit Tanpa Agunan bagi nasabah. Mudah dan cepat menjadi salah satu tujuan yang diutamakan dalam layanan digital. Tidak heran jika dalam kurun waktu 2 tahun tepatnya sejak 2014 kini Amar Bank telah mengepakkan sayapnya di beberapa kota besar di Indonesia.

Melalui Tunaiku dari Amar Bank nasabah dapat mengajukan pinjaman dengan nominal Rp 2 juta hingga Rp 20 juta tanpa jaminan apapun dan dengan pilihan jangka waktu antara 6 bulan sampai 20 bulan. Sebagaimana perkembangan Financial Technology di tanah air, Tunaiku mengedepankan proses pinjam meminjam dengan mengandalkan teknologi dan internet sehingga mampu memberikan layanan 24 jam non stop. Teknologi dan kecerdasan buatan memungkinkan pengumpulan data dan analisis aplikasi kredit dapat diproses dalam 24 jam sehingga lebih cepat dan efektif.

Baca juga: Pinjaman Online Langsung Cair

Syarat Pengajuan Pinjaman

Untuk mengajukan pinjaman online Amar Bank calon debitur wajib memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia dengan usia minimum 21 tahun;
  • Memiliki penghasilan tetap dengan status karyawan maupun wiraswasta;
  • Berdomisili dan kerja di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi,Surabaya, dan Sidoarjo;
  • Memiliki rekening bank atas nama pribadi dengan masa aktif minimum 3 bulan.

 

Prosedur Pengajuan Aplikasi Kredit

Proses pengajuan dan pencairan pinjaman online Amar Bank dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Berikut prosedur pengajuan aplikasi kredit secara online yang perlu anda tahu.

1. Pengisian Data/ Daftar Pinjaman

Calon debitur dapat mengakses situs resmi tunaiku.co.id dan menentukan jumlah serta lama pinjaman. Selanjutnya pengisian formulir aplikasi dapat anda lakukan dan dilanjutkan dengan mengirimkan formulir tersebut.

2. Persetujuan/ Status Pinjaman

Setelah formulir diserahkan, status pengajuan aplikasi anda akan memperoleh keterangan dalam waktu 24 jam. Jika memenuhi persyaratan pastinya pengajuan pinjaman mendapatkan persetujuan. Namun demikian tidak menutup kemungkinan pengajuan tersebut ditolak lantaran berbagai pertimbangan pihak bank.

3. Tanda Tangan Kontrak

Setelah mendapatkan persetujuan, akad kredit akan dilakukan dengan penandatanganan kontrak. Nantinya staff Amar Bank akan melakukan verifikasi sekaligus memberikan kontrak asli untuk anda tandatangani.

4. Pencairan Dana Tunai dan Pembayaran Pinjaman

Tunaiku Amar Bank dapat dicairkan begitu anda telah menandatangani kontrak asli. Pencairan dana sendiri akan dilakukan dengan mengirim sejumlah uang pinjaman ke rekening bank milik debitur. Hal yang perlu anda garis bawahi yakni data rekening harus sama dengan data debitur sehingga tidak diperkenankan menggunakan rekening milik orang lain.

 

Keunggulan Pinjaman Amar Bank

Fasilitas Tunaiku atau pinjaman online Amar Bank memiliki cukup banyak kelebihan dibandingkan jenis KTA dari bank lain maupun pinjaman Fintech non bank. Berikut beberapa keunggulan yang bisa anda dapatkan dari layanan Amar Bank.

1. Tanpa Jaminan

Ya, sebagaimana produk KTA dari perbankan lain, fasilitas pinjaman Tunaiku diberikan tanpa syarat jaminan. Dengan demikian calon debitur tidak direpotkan mempersiapkan jaminan dan legalitas sebagaimana pengajuan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah dan BPKB kendaraan bermotor.

2. Tanpa Kartu Kredit

Tidak seperti kebanyakan KTA dari bank lain, Amar Bank menawarkan Tunaiku sebagai alternatif KTA Tanpa Kartu Kredit sehingga sangat cocok bagi nasabah yang terbentur masalah kepemilikan kartu kredit saat berniat mengajukan KTA dari bank lain.

3. Jangka Waktu Fleksibel

Dibandingkan dengan jenis pinjaman Fintech lain, pinjaman yang ditawarkan Amar Bank memiliki keunggulan dari sisi tenor kredit. Jika kebanyakan pinjaman Fintech hanya ditawarkan dengan waktu 7-30 hari, Amar Bank menawarkan Tunaiku dengan jangka waktu antara 2 bulan hingga 20 bulan.

4. Pengajuan 24 Jam

Inovasi teknologi sebagai media pengajuan kredit memiliki beragam keunggulan, selain dapat diakses lebih mudah pengajuan pinjaman Amar Bank juga dapat dilakukan dalam 24 jam. Hanya saja aplikasi kredit yang telah terkumpul nantinya akan diproses pada hari dan jam kerja.

5. Tanpa Survey ke Rumah

Anda tidak perlu bingung mencari pinjaman tanpa survey karena dengan mengajukan KTA Tunaiku, prosedur survey ke rumah tidak akan dilakukan. Kendati demikian pihak Amar Bank pastinya memiliki cara dan prosedur sendiri dalam memberikan persetujuan kredit bisa dengan melihat riwayat kredit, verifikasi data pekerjaan, penghasilan, dan lain sebagainya.

 

Kekurangan Pinjaman Amar Bank

Meski memiliki beragam kelebihan, pinjaman online Amar Bank juga memiliki kekurangan. Berikut beberapa kekurangan yang perlu anda perhatikan.

1. Wilayah Kerja Terbatas

Sebagaimana yang telah kita tuliskan dalam uraian di atas, hingga saat ini Amar Bank belum memberikan layanan di seluruh Indonesia melainkan terbatas pada beberapa kota. Adapun beberapa wilayah yang saat ini tercover pinjaman Amar Bank diantaranya Jakarta, Surabaya, Depok, Bekasi, Tangerang, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Medan, dan Sidoarjo Jawa Timur. Kendati demikian sebagaimana ciri perkembangan fintech tidak menutup kemungkinan layanan Kredit Tanpa Agunan Amar Bank akan berekspansi di kota lain.

Dalam perkembangannya pinjaman online Amar Bank cukup banyak diminati nasabah, hal tersebut telah mendorong layanan Tunaiku untuk berekspansi di kota-kota lain seperti Medan, Yogyakarta, dan Bandung. Minat dan permintaan masyarakat terhadap produk keuangan digital yang terus meningkat menjadi salah satu pendorong perkembangan layanan digital Amar Bank.

2. Limit Kredit Terbatas

Meski sema-sama ditawarkan oleh perbankan namun jika dibandingkan dengan fasilitas kredit dari perbankan nasional seperti KTA Mandiri, BNI Fleksi, BRI Guna, dan BCA Personal Laon yang ditawarkan hingga ratusan juga, KTA Tunaiku dari Amar Bank memiliki limit kredit lebih kecil. Anda hanya dapat mengajukan pinjaman Rp 2 juta hingga Rp 20 juta.

Dengan melihat kelebihan dan kekurangan pinjaman online Amar Bank di atas, anda dapat mempertimbangkan kelayakan kredit tanpa agunan tersebut apakah layak untuk anda jadikan alternatif KTA tanpa kartu kredit maupun tidak.