Pinjaman Duit Tanpa Jaminan Apapun, Tidak Seribet Gadai BPKB Motor

Diposting pada

Sudah jadi rahasia publik jika proses gadai BPKB motor bisa dilakukan dengan cepat. Namun saat ini pinjaman duit tanpa jaminan apapun yang ditawarkan oleh startup fintech menjadi pesaing utama produk pinjaman uang cepat jaminan BPKB Motor. Ya, dengan perkembangan teknologi, proses pinjam meminjam berbasis online menjadi salah satu solusi terbaru bagi masyarakat yang membutuhkan tambahan dana secara efektif dan efisien.

Jika kita bandingkan antara pinjaman fintech dengan produk gadai sudah pasti memiliki keunggulan dari sisi pelayanan dan pencairan dana. Mengajukan pinjaman uang melalui platform fintech sangat mungkin dilakukan dimana saja dan kapan saja. Sementara itu prosedur gadai biasanya mewajibkan nasabah hadir dan membawa BPKB Motor sekaligus mempersiapkan kendaraan untuk proses pengecekan. Demikian halnya proses pencairan dana dimana pinjaman sistem gadai biasanya diberikan secara tunai pada peminjam, disisi lain pencairan pinjaman fintech dilakukan dengan metode transfer ke rekening peminjam sehingga bisa anda ambil segera melalui ATM. Dengan demikian bisa kita pastikan jika pengajuan pinjaman duit tanpa jaminan apapun lebih efektif dan tidak seribet gadai BPKB Motor.

pinjaman duit tanpa jaminanSelain mengharuskan nasabah ke kantor pelayanan, pinjaman dana jaminan BPKB Motor biasanya juga memiliki persyaratan ribet. Berikut beberapa syarat gadai BPKB Motor yang tidak perlu anda :

 

1. Merk dan Tahun Pembuatan Kendaraan

Kendaraan yang akan anda jadikan sebagai jaminan pinjaman biasanya harus memenuhi kriteria tertentu. Beberapa kriteria utama biasanya harus merupakan kendaraan merk tertentu seperti Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki. Merk pun belum cukup memenuhi kriteria jaminan sebuah Motor karena tahun pembuatan atau usia kendaraan biasanya juga menjadi salah satu syarat mutlak. Lazimnya sepeda motor yang dapat dijadikan sebagai jaminan kredit memiliki usia muda tidak lebih dari 10 tahun. Dengan demikian jika anda memiliki motor merk Honda rakitan tahun 1990 dapat dipastikan tidak bisa anda jadikan sebagai jaminan pinjaman. Hal tersebut tentunya berbeda jauh dengan jenis pinjaman duit tanpa jaminan apapun karena pengajuan aplikasi kredit tidak membutuhkan agunan sehingga calon peminjam tidak perlu menyiapkan barang apapun.

 

2. Kesamaan Nomor Rangka, Nomor Mesin, dengan BPKB dan STNK

Jangan dikira gadai BPKB Motor tidak memerlukan unit kendaraan yang bersangkutan. Pasalnya prosedur pemberian persetujuan akan dikeluarkan setelah surveyor mengecek kesamaan antara nomor rangka, dan nomor mesin kendaraan dengan BPKB dan STNK. Jika nomor rangka atau mesin berbeda dengan yang tertera pada BPKB tidak menutup kemungkinan pengajuan pinjaman anda akan ditolak. Disisi lain pengajuan pinjaman uang melalui fintech hanya mewajibkan calon peminjam mengisi formulir dan beberapa dokumen persyaratan. Beberapa dokumen yang biasanya menjadi syarat pengajuan kredit diantaranya Kartu Tanda Penduduk (KTP), Bukti Penghasilan (Slip Gaji), dan Foto Diri. Dengan membandingkan persyaratan ini bisa kita pastikan pinjaman fintech jauh lebih mudah.

 

3. Limit Kredit dan Estimasi Harga Jaminan

Limit kredit atau batas maksimal pinjaman jaminan BPKB Motor biasanya diberikan berdasar estimasi harga kendaraan pada saat kredit lunas. Jadi jangan kaget jika kendaraan anda dihargai jauh lebih murah dari harga di pasaran saat ini. Pada saat mengajukan pinjaman fintech limit kredit akan diberikan berdasarkan penghasilan peminjam serta ketentuan plafon pinjaman yang ditetapkan oleh masing-masing fintech. Untuk hal ini anda memang harus jeli memilih platform fintech sesuai kebutuhan anda karena setiap fintech biasanya menerapkan plafon kredit maksimal ada yang Rp 1 juta, Rp 2 juta, Rp 5 juta, bahkan hingga ratusan juta rupiah.

Dari ulasan di atas dapat kita ketahui jika proses pengajuan pinjaman duit tanpa jaminan apapun melalui fintech seperti UangTeman, DanaKita, TunaiKita, Cash Wagon, dan lain sebagainya jauh lebih mudah dan tidak seribet gadai BPKB Motor baik di pegadaian maupun di lembaga multi finance seperti BFI, Adira Finance, Clipan Finance, SMS Finance, dan lain sebagainya. Bahkan banyak fintech yang menawarkan pinjaman uang 1 jam cair langsung. Kendati demikian sebelum anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman online kami sarankan bagi anda untuk tetap memperhatikan wilayah kerja misalnya Bandung, Banjarmasin, Cirebon, Cikarang, Jakarta, Gresik, Bogor, dan lain sebagainya. Selain itu pertimbangkan juga suku bunga pinjaman serta memilih perusahaan fintech yang telah terdaftar OJK.