Nih Pinjaman Tanpa Jaminan di Koperasi

Pinjaman Koperasi tanpa jaminan sangat bermanfaat bagi nasabah yang membutuhkan dana tunai secara cepat dengan syarat mudah. Koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia terbukti menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat pedesaan dan perkotaan. Bahkan di era digital dengan banyaknya serbuan perusahaan Fintech yang menawarkan pinjaman tunai tanpa jaminan seperti saat ini keberadaan Koperasi masih mampu bertahan dan tidak kehilangan nasabah. Hal tersebut dikarenakan loyalitas anggota Koperasi yang memiliki kepercayaan sekaligus merasa memiliki. Tidak heran jika hingga saat ini Koperasi masih menjadi tujuan utama pengajuan pinjaman masyarakat di berbagai daerah mulai dari Jakarta, Surabaya, Sidoarjo, Semarang, Malang, Bogor, Bandung, Depok, dan kota lainnya.

Dalam pertumbuhannya, organisasi Koperasi juga banyak yang telah berinovasi dengan memberikan layanan secara online baik pendaftaran anggota maupun pengajuan pinjaman tunai. Bahkan pinjaman koperasi tanpa jaminan saat ini bisa saja dengan mudah kita temukan.

 

Ciri Pinjaman Koperasi

Sebagai organisasi masyarakat yang bergerak di bidang ekonomi Koperasi dimiliki serta dikelola oleh anggota demi kepentingan bersama. Asas kekeluargaan yang menjadi asas dasar koperasi mampu menumbuhkan sikap loyalitas sekaligus rasa memiliki yang dimiliki oleh para anggotanya. Ditinjau dari berbagai aspek pinjaman koperasi memiliki berbagai ciri utama, berikut beberapa diantaranya.

Bersifat Kedaerahan

Pinjaman koperasi tanpa jaminan biasanya bersifat kedaerahan yang menjadi ciri utama dari layanan koperasi. Meski tidak bersifat mutlak namun mayoritas organisasi Koperasi hanya menawarkan pinjaman uang tunai bagi masyarakat yang ada di lingkup kerja mereka. Hal tersebut tentunya sangat berbeda dengan fasilitas pinjaman dari Bank dimana mayoritas perbankan telah memiliki kantor cabang di seluruh Indonesia mulai dari Jakarta, Bandung, Bogor, Semarang, Malang, Solo, Yogyakarta, Jambi, Palembang, Depok, Pekanbaru, Makassar, Sukabumi, dan lain sebagainya.

Kendati demikian tidak menutup kemungkinan koperasi menawarkan pinjaman bagi masyarakat di berbagai daerah. Hal tersebut lantaran terdapat beberapa koperasi yang telah memiliki kantor cabang di lebih dari satu wilayah, bahkan memiliki kerjasama dengan perbankan tertentu. Sebagai contohnya Koperasi Swamitra menjadi salah satu bentuk koperasi yang memiliki kerjasama dengan Bank Bukopin sehingga di berbagai daerah nama Koperasi Swamitra cukup familiar.

Diberikan Bagi Anggota

Sebagaimana ciri dasar Koperasi yang terbentuk atas kumpulan orang dan dilaksanakan untuk kepentingan bersama berdasar persamaan hak dan kewajiban. Pinjaman koperasi tanpa jaminan biasanya diberikan bagi para anggotanya. Dengan demikian hanya orang-orang yang menjadi anggota suatu koperasi yang dapat mengajukan pembiayaan. Kendati demikian dalam upaya meningkatkan pertumbuhan tidak sedikit koperasi menawarkan pinjaman bagi masyarakat umum yang belum menjadi anggota. Jika seseorang yang belum terdaftar menjadi anggota berminat mengajukan pinjaman maka secara otomatis mereka diwajibkan menjadi anggota koperasi tersebut.

 

Metode Pembayaran Pinjaman

Anggota koperasi sendiri memiliki tingkat ekonomi dan status pekerjaan berbeda-beda. Dari sana layanan pinjaman koperasi tanpa jaminan kemudian banyak ditawarkan dalam tiga metode pengembalian dana baik harian, mingguan, maupun bulanan. Berikut sedikit ulasan terkait metode pengembalian pinjaman koperasi.

1. Pembayaran Harian

Pinjaman koperasi dengan pembayaran harian adalah fasilitas pinjaman yang diberikan bagi nasabah atau anggota dimana jadwal pengembalian dana dilakukan setiap hari. Biasanya layanan semacam ini diberikan bagi pengusaha mikro mulai dari pedagang warung kelontong, pedagang kaki lima, hingga pedagang pasar. Tidak heran jika kita menjumpai seorang marketing keliling komplek dan pedesaan menawarkan pinjaman koperasi berbekal kartu nama dan brosur yang berisikan tabel angsuran atau simulasi dan alamat kantor.

2. Pembayaran Mingguan

Metode pembayaran cicilan mingguan juga banyak diterapkan oleh koperasi yang menargetkan debitur kalangan pekerja yang menerima gaji setiap seminggu sekali. Biasanya pinjaman koperasi bayar mingguan diberikan bagi kalangan pekerja buruh harian lepas, pekerja bangunan seperti tukang, maupun ibu rumah tangga yang suaminya memiliki penghasilan diterima setiap minggu.

3. Pembayaran Bulanan

Pinjaman koperasi tanpa jaminan dengan metode pembayaran bulanan lebih luas lagi targetnya. Fasilitas pinjaman yang mereka tawarkan dapat diajukan oleh hampir semua status pekerjaan baik pedagang, sopir truk, hingga pekerja swasta yang menerima gaji setiap bulan. Kendati demikian pinjaman koperasi dengan pembayaran bulanan biasanya mewajibkan debitur untuk menyetorkan cicilan atau angsuran melalui teller. Sementara itu metode pembayaran harian dan mingguan biasanya melakukan penagihan secara langsung dengan metode door to door.

pinjaman koperasi tanpa jaminan

Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan di Indonesia

Dari penelusuran Uangpinjam.com saat ini terdapat dua jenis pinjaman koperasi tanpa jaminan terbaik di Indonesia.

1. Pinjaman Koperasi UGT Sidogiri

Salah satu koperasi yang menawarkan pinjaman uang tunai tanpa jaminan ialah Koperasi BMT UGT Sidogiri. Fasilitas pinjaman Multi Guna ditawarkan bagi masyarakat yang terdaftar sebagai anggota Koperasi UGT Sidogiri untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, kesehatan, modal usaha, hingga bisa pula dimanfaatkan sebagai sumber pembayaran hutang yang telah dimiliki.

2. Pinjaman Koperasi Mapan Indonesia

Pinjaman koperasi tanpa jaminan bisa pula anda ajukan melalui Koperasi Mapan Indonesia. Bahkan saat ini Koperasi Mapan menjadi salah satu koperasi yang menawarkan layanan secara online sehingga anggota dapat mengajukan pinjaman koperasi online tanpa agunan dengan mengunjungi situs website resmi www.koperasimapan.com. Prosedur pengajuan pinjaman sendiri diawali dengan mengisi formulir pengajuan secara online serta melengkapi berkas persyaratan yang dibutuhkan mulai dari KTP, NPWP atau Jamsostek, Bukti Penghasilan, dan lain sebagainya.

Ketersediaan pinjaman koperasi tanpa jaminan memudahkan setiap orang mengakses produk kredit secara cepat dan efektif. Selain kedua jenis koperasi di atas anda juga bisa mencari koperasi lain di daerah tempat tinggal anda misalnya Bogor, Malang, Palembang, Bandung, Depok, Tangerang, dan lain lain. Simak juga Gadai Sertifikat Rumah Proses Cepat.