Cari Pinjaman Online dengan Bunga Paling Murah Dimana Ya?

Membandingkan suku bunga untuk mendapatkan pinjaman online bunga paling murah ternyata bukan perkara gampang. Deskripsi dan promosi yang banyak dipublikasikan kebanyakan kurang transparan bahkan ada kesengajaan menjerumuskan. Contohnya saja di beberapa aplikasi pinjaman online yang dapat diunduh melalui Play Store, kebanyakan deskripsi di dalamnya khususnya besaran suku bunga pinjaman tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya. Bahkan ada cukup banyak informasi aplikasi pinjaman berbasis android yang dituliskan memberikan pinjaman secara cepat dengan bunga maksimal 14% per tahuna. Eh setelah diinstall dan mengajukan pinjaman bunganya jadi 1% flat per hari yang berarti bunganya lebih dari 300% per tahun.

Maraknya tawaran pinjaman online memang perlu kita hadapi secara bijaksana. Jangan mentang-mentang dapat diajukan tanpa jaminan bahkan tanpa syarat apapun lantas kita langsung tergiur untuk mengajukan pinjaman, padahal dari segi prioritas kebutuhan tersebut belum terlalu mendesak. Di sisi lain, semakin mudah syarat pengajuan hampir bisa dipastikan bunga pinjaman lebih besar, hal ini lantaran risiko memberikan pinjaman secara online terbilang cukup besar, terlebih tanpa jaminan dan syarat apapun. Untuk itu ada kiranya kita lebih cermat dan bijaksana saat pinjam uang agar memperoleh pinjaman online bunga paling murah. Dan poin utamanya jangan pernah mencari pinjaman uang tunai untuk memenuhi kebutuhan tidak mendesak.

Mau Cari Pinjaman Online Bunga Paling Murah? Lakukan Hal ini

Sebagaimana yang telah kita singgung di atas, baiknya mengajukan pinjaman hanya saat kita benar-benar terdesak dan tidak bisa berbuat hal lain untuk memperoleh uang. Pun demikian guna memperoleh pinjaman bunga paling rendah ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Berikut beberapa diantaranya.

 

1. Bandingkan Suku Bunga

Apakah anda pernah mendapatkan tawaran pinjaman bunga rendah namun setelah proses pengajuan tiba-tiba anda dapati bahwa bunga yang dibebankan terlalu tinggi? Untuk mencari pinjaman online bunga paling murah anda bisa membandingkan suku bunga yang mereka tawarkan.

Perlu kita perhatikan pula bahwa penerapan suku bunga seringkali berbeda antara satu layanan dengan layanan lain. Mayoritas pinjaman online ditawarkan dengan suku bunga harian maupun bulanan. Selain itu ada punya yang menamakannya dengan biaya jasa.

 

2. Bandingkan Biaya yang Dibebankan pada Peminjam

Beberapa biaya yang biasa dibebankan bagi peminjam diantaranya bisa jasa, biaya administrasi, biaya provisi, dan lain sebagainya. Apapun biaya yang dibebankan bagi peminjam jumlah dan bandingkan dengan layanan sejenis. Cara membandingkan suku bunga dan biaya secara keseluruhan bisa anda mulai dengan meng-akumulasikan bunga serta biaya per bulan.

Contoh:

  • Perusahaan A menawarkan pinjaman 5 Juta dengan bunga 1% per hari tanpa biaya lainnya.
  • Perusahaan B menawarkan pinjaman 5 juta dengan biaya administrasi 2% dan bunga 0,7% per hari.
  • Perusahaan C menawarkan pinjaman 5 juta dengan bunga 20% per bulan tanpa biaya lainnya.

Dari ketiga tawaran tersebut kita bisa membandingkannya untuk memperoleh layanan pinjaman online bunga paling rendah. Berikut contoh perhitungannya.

PerusahaanJumlah PinjamanBunga PerhariBunga Perbulan (30 Hari)Biaya-biayaTotal Biaya & Bunga Per BulanJumlah Pengembalian
A5.000.0001%30%01.500.0006.500.000
B5.000.0000,70%21%2% X 5.000.000 = 100.0001.150.0006.150.000
C5.000.00020%01.000.0006.000.000

Dengan cara sederhana di atas kita bisa mengetahui bahwa tawaran pinjaman online bunga paling murah yakni perusahaan C dengan bunga 20% per bulan tanpa biaya lain.

 

3. Cari Tahu Pengalaman mengajukan pinjaman dari orang lain

Pengalaman memang menjadi guru paling berharga untuk urusan apapun. Demikian pula pengalaman mengajukan pinjaman online yang dapat memberikan kita gambaran layanan tersebut. Salah satu cara untuk memperoleh pinjaman bunga paling rendah bisa kita lakukan dengan mencari informasi pengalaman orang lain yang pernah mengajukan pinjaman dari perusahaan pemberi tawaran. Bagaimana caranya mencari tahu pengalaman orang lain? Untuk mencari informasi tersebut anda bisa coba mengunjungi akun sosmed perusahaan yang menawarkan pinjaman online maupun melalui testimoni di forum-forum yang banyak tersebar di dunia maya.

 

Pinjaman Online Bunga Paling Murah

Jika anda berkehendak memperoleh pinjaman online dengan bunga paling rendah coba bandingkan beberapa layanan Fintech di bawah ini.

PlatformJenisPenyelenggara
TunaiKitaAplikasi AndroidPT Digital Tunai Kita
DanaKitaAplikasi AndroidPT Danakita Data Prima
CashWagonAplikasi AndroidPT Cash Wagon Indonesia
GoRupiahAplikasi AndroidPT InFin Tech Indonesia
AwanTunaiWebsitePT SimpleFi Teknologi Indonesia
KoinWorksWebsitePT Lunaria Annua Teknologi
ModalkuWebsitePT Mitrausaha Indonesia Group
CrowdoWebsitePT Mediator Komunitas Indonesia
KlikACCAplikasi AndroidPT Aman Cermat Cepat
AkseleranWebsitePT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia
TaraliteWebsitePT Indonusa Bara Sejahtera
PinjamWinwinWebsitePT Progo Puncak Group
Dana CepatAplikasi AndroidPT Pendanaan teknologi Nusa
DanaMasWebsitePT Pasar Dana Pinjaman
Kredit PintarAplikasi AndroidPT Kredit Pintar Indonesia
JuloAplikasi AndroidPT Julo Teknologi Finansial
RupiahPlusAplikasi AndroidPT. Digital Synergy Technology
TangbullAplikasi AndroidPT. Tangbull Tech Indonesia
DrRupiahWebsitePT Digital Solution Indonesia
dll

Dengan membandingkan suku bunga dari beberapa layanan fintech di atas anda akan memperoleh pinjaman online bunga paling murah. Kendati demikian anda juga perlu memperhatikan jenis pinjaman yang ditawarkan seperti pinjaman multiguna, pinjaman mikro, maupun pinjaman khusus untuk pembiayaan tertentu.