Apply Pinjaman Online, Ini Alasan Seseorang Rela Pinjam Uang dengan Bunga Tinggi

Diposting pada

Apply pinjaman online kini semakin banyak diminati masyarakat yang sedang kepepet kebutuhan mendesak. Persyaratan mudah serta tanpa jaminan menjadi salah satu alasan kebanyakan orang rela pinjam uang online walaupun dengan bunga dan biaya tinggi. Meski tidak sebesar plafon Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang ditawarkan perbankan namun karena tingkat persetujuan tinggi, segmen menengah ke bawah cenderung memilih jenis pinjaman fintech dibandingkan dengan mengajukan KTA ke bank.

Padahal jika kita cermati lebih dalam, suku bunga dan biaya pinjaman online yang ditawarkan fintech (lembaga keuangan non bank) jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bunga Kredit Tanpa Agunan. Hanya saja karena diberikan dengan plafon kecil dan jangka waktu pendek kabanyakan debitur tidak menyadari jika akumulasi biaya dan bunga pinjaman dalam proses pinjam meminjam online sangat besar. Bahkan beberapa fintech pinjaman online mematok suku bunga dan biaya mencapai 30% per bulan. Bagi sebagian orang layanan pinjaman dengan bunga dan biaya mencapai 30% tentu membuat geleng kepala dan perlu dipertimbangkan kembali. Namun bagi sebagian lainnya hal langkah apply pinjaman online tetap ditempuh karena tidak memiliki pilihan lain.

Berbagai alasan dan tujuan menjadikan pinjam uang online sebagai alternatif tepat bahkan satu-satunya alternatif yang dapat dilakukan untuk memperoleh pinjaman uang segera. Berikut berbagai alasan yang membuat seseorang rela pinjam uang online meski dengan bunga tinggi:

 

1. Bayar Hutang atau Tagihan

Hutang dan tagihan yang menumpuk terkadang membuat seseorang kebingungan dalam mengatur keuangan pribadi. Meski telah berusaha membayar tagihan hutang dengan bunga paling besar kadang kala masih ada tagihan lain yang perlu dibayarkan segera. Apalagi di era modern seperti saat ini, jangankan untuk beli rumah dan mobil, beli motor dan smartphone saja banyak yang memilih metode cicilan dengan jangka waktu tertentu. Disisi lain tagihan bulanan seperti Listrik, PDAM, Telepon, dan TV Berlangganan juga menjadi salah satu beban keuangan yang wajib diselesaikan setiap bulan. Kondisi keuangan seperti di atas kerap menjadi alasan utama kenapa seseorang melakukan apply pinjaman online meski harus menerima konsekuensi nya. Bagi mereka, yang terpenting tagihan saat ini bisa dibayarkan terlebih dahulu urusan tagihan bulan depan difikir sambil jalan.

 

2. Membeli Barang Konsumtif

Tanpa kita sadari, sifat konsumtif telah menjerumuskan kita untuk senantiasa belanja dan belanja tanpa melihat prioritas barang yang hendak kita beli. Mudahnya sistem pinjam uang online turut serta mendorong sifat konsumtif masyarakat. Terlebih saat ini telah banyak layanan cicilan tanpa kartu kredit yang ditawarkan baik oleh online shop maupun perusahaan pembiayaan. Tidak heran jika sebagian dari masyarakat Indonesia memilih mengajukan pinjaman secara online untuk membeli barang seperti Handphone, Laptop, Kamera Digital, dan Barang Elektronik lainnya. Alasan jumlah tabungan masih kurang dan kebutuhan atas barang semakin mendesak menjadi pendorong seseorang memilih apply pinjaman online baik dalam bentuk uang tunai maupun cicilan tanpa kartu kredit.

 

3. Butuh Dana Untuk Berobat

Pinjam uang online juga dipilih saat seseorang terkena musibah misalnya ada anggota keluarga yang sakit dan membutuhkan perawatan sehingga cukup menguras keuangan pribadi sementara ia tidak memiliki asuransi kesehatan. Dalam kondisi seperti ini pinjaman dengan bunga tinggi tidak akan dihiraukan oleh calon debitur karena yang terpenting baginya ialah memperoleh dana untuk pengobatan. Khusus bagi anda yang belum memiliki asuransi kesehatan sebaiknya mulai dipikirkan misalnya dengan mendaftar BPJS Mandiri baik kelas I, Kelas II, maupun Kelas III dengan iuran bulanan tergolong ringan.

 

4. Tidak Punya Jaminan

Maraknya pinjam uang online yang ditawarkan tanpa jaminan menjadi alasan utama seseorang memilih berhutang secara online. Jenis pinjaman tanpa jaminan tidak mengharuskan calon debitur menyerahkan agunan dalam bentuk apapun. Hal ini berbeda dengan kebanyakan pinjaman tradisional yang biasanya membutuhkan agunan berupa BPKB Motor/ Mobil maupun Sertifikat Rumah. Dengan sistem online, privasi debitur akan lebih terjaga dari orang-orang sekitar sehingga teman dan keluarga tidak ada yang tahu jika ia telah meminjam uang.

 

5. Tidak Ada Pilihan Lain

Teman dan saudara menjadi pilihan yang memungkinkan kita memperoleh pinjaman uang tanpa bunga. Namun demikian tidak setiap saat kita memerlukan pinjaman mereka dapat memberikan dengan segera. Sementara itu jika harus mengajukan pinjaman ke bank dan koperasi membutuhkan waktu dan proses berbelit. Alasan ini menjadi salah satu alasan populer kenapa seseorang rela pinjam uang online dengan bunga dan biaya selangit.

 

Alasan apply pinjaman online terkadang memang masuk akal. Namun jika ada pilihan lain ada baiknya anda pertimbangkan kembali untung rugi mengajukan pinjaman online agar tidak menjadi masalah keuangan yang lebih serius di kemudian hari. Singkatnya setiap tindakan yang anda ambil senantiasa diikuti dengan risiko di dalamnya termasuk saat anda memilih pinjam uang online.