6 Inspirasi Bisnis Rumahan Modal Kecil

Azka Nathania Anggraeni

Berencana membuka usaha rumahan di tahun 2018 ini? Simak secara cermat 6 Inspirasi Bisnis Rumahan Modal Kecil berikut ini untuk membuka wawasan anda sebelum terjun ke dunia usaha. Dengan berwirausaha anda dapat memiliki pendapatan tak terbatas sekaligus kepuasan batin dibandingkan dengan bekerja sebagai karyawan. Tahu sendiri kan penyebabnya? Kebutuhan pokok yang semakin besar tidak diimbangi dengan kenaikan upah minimum yang sepadan. Wajar jika hampir setiap orang berkeinginan memiliki usaha secara mandiri baik sebagai penghasilan pokok maupun sebagai usaha sampingan.

Hal ini juga berlaku bagi sebagian besar ibu rumah tangga di Indonesia. Dengan hasil atau gaji suami yang bisa dibilang pas-pas an sering menjadi alasan ibu rumah tangga berinisiatif memulai usaha meski terkendala masalah modal. Kebahagiaan ibu rumah tangga akan bertambah bila usaha yang mereka geluti membuahkan hasil sehingga memiliki pendapatan sendiri tanpa meninggalkan kewajiban.

Meski demikian untuk memulai sebuah bisnis baru anda membutuhkan sebuah inspirasi baik dari model bisnis lain sehingga memudahkan anda dalam beraksi mewujudkan impian tersebut. Berikut kami sampaikan 6 inspirasi bisnis rumahan modal kecil yang patut anda coba:

1. Produksi Kue dan Roti Rumahan untuk Menyalurkan Hobi.

bisnis rumahan modal kecil
Meski persaingan nya terbilang cukup ketat, namun bisnis ini nyatanya masih sangat potensial dan menjanjikan. Terlebih lagi usaha ini bisa dijalankan hanya dengan modal awal yang tidak terlalu besar. Khusus bagi Anda memang memiliki hobi membuat kue atau roti di rumah, usaha ini tentu akan sangat menyenangkan, Anda bisa menyalurkan hobi Anda sekaligus mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan. Jika Anda bisa berkreasi melalui resep roti atau kue dengan bahan-bahan yang belum umum di pasaran maka Anda bisa saja memenangkan persaingan dengan mudah. Untuk mendapatkan inspirasi lebih anda dapat membaca dan mencari tahu baik melalui internet maupun majalah kuliner tentang inspirasi resap dan makanan baru.

2. Bisnis Catering Kecil-Kecilan dengan Untung Berlimpah.

bisnis rumahan modal kecil
Masih di bidang kuliner, ternyata membuat catering kecil-kecilan merupakan salah satu usaha dengan modal kecil yang layak dicoba. Terlebih jika Anda memang suka memasak, maka dengan menerima pesanan untuk acara yang tidak terlalu besar seperti arisan, rapat, ulang tahun, pengajian dan sejenisnya, bisa menjadi peluang usaha yang sangat potensial tanpa perlu modal besar. Jenis bisnis catering memiliki keuntungan cukup besar dengan risiko rendah. Risiko kerugian bisa dibilang 0% karena anda akan menyiapkan masakan hanya saat menerima pesanan saja.

3. Usaha Laundry Kiloan

bisnis rumahan modal kecil
Inspirasi bisnis rumahan modal kecil selanjutnya adalah usaha laundry kiloan. Saat ini laundry atau binatu masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama di kota-kota besar dan di daerah yang banyak indekos seperti kampus atau wilayah industri dimana tidak semua indekos menyediakan tempat mencuci. Kehidupan masyarakat pinggiran yang telah memiliki tingkat kesibukan tinggi juga sangat potensial menjadi pelanggan jasa anda. Jika di daerah Anda masih sedikit atau bahkan belum ada usaha laundry, Anda bisa mencoba membuka sendiri di rumah dengan modal tidak lebih dari 10 juta rupiah.

4. Persewaan Play Station.

bisnis rumahan modal kecil
Play Station atau PS saat ini masih sangat diminati oleh anak-anak dan kawula muda selain dari Warnet & Game Center, karena Play Station merupakan game konsol yang mengalami inovasi/perkembangan yang cukup pesat. Bahkan saat ini sudah ada Play Station 5 yang tentu saja semakin menarik dan canggih. Namun jika anda ingin membuka bisnis ini sebaiknya lebih memperhatikan lingkungan masyarakat sekitar. Usahakan untuk membuka usaha persewaan PS di wilayah strategis namun jauh dari perkampungan maupun perumahan. Beberapa lokasi yang layak menjadi tempat usaha persewaan PS salah satunya di sekitaran kampus. Usaha rental PS masih cukup potensial untuk anda mulai di tahun 2018 ini.

5. Pedagang Beras dan Kebutuhan Pokok Lain.

 bisnis rumahan 2018
Meski terlihat sepele, namun sebenarnya usaha dagang beras ini masih cukup menjanjikan karena beras merupakan salah satu bahan makanan pokok di negeri ini. Selain itu, beras juga banyak macamnya sehingga orang akan memilih-milih jenis berat sesuai selera mereka. Membuka usaha ini juga tidak membutuhkan modal yang besar, jika sekiranya bisnis ini mulai berkembang Anda bisa sekaligus menjual bahan makanan pokok lainnya seperti gulan, tepung, minyak goreng, kecap, bumbu dapur, dan lain sebagainya.

6. Menjadi reseller atau dropshipper.

 bisnis rumahan 2018
Inspirasi bisnis yang satu ini sangat cocok bagi anda kawula muda yang bisa dengan cepat mengikuti perkembangan teknologi. Anda dapat mulai menjadi reseller atau dropshipper baik toko online maupun offline tanpa modal. Reseller atau dropshipper memiliki potensi besar dalam mencari penghasilan tambahan, terutama bagi ibu-ibu rumah tangga dan mahasiswi. Sistem dropshipper merupakan sistem penjualan yang anda lakukan dengan hanya menawarkan barang melalui katalok. Nanti jika barang yang anda tawarkan laku anda tinggal membelinya dari produsen atau mitra anda.

Enam inspirasi bisnis rumahan modal kecil di atas dapat anda pilih salah satunya sebagai permulaan memulai usaha. Seiring dengan jam terbang yang anda miliki atau pengalaman dalam penjualan anda secara perlahan dapat mengembangkan usaha tersebut sehingga mampu memberikan penghasilan yang jauh lebih besar. Anda juga dapat mencari referensi bisnis lain dari 5 Jenis Usaha Menjanjikan 2018.