5 Jenis Usaha Menjanjikan 2018 Prospek Bagus

Azka Nathania Anggraeni

Jenis Usaha Menjanjikan 2018 – Jenis usaha yang menjanjikan sekalipun tidak akan mengantarkan pada kesejahteraan ekonomi bila dikelola dengan setengah hati. Sebaliknya, usaha nyleneh dan nyentrik akan memiliki prospek bagus jika dijalankan dengan sepenuh hati. Jargon tersebut tetap berlaku tahun 2018 ini dimana pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang semakin progresif menuntut pelaku usaha untuk terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman.

Di sisi lain pelaku usaha khususnya bidang UMKM saat ini memiliki peluang lebih besar dalam mengembangkan bisnis mereka. Salah satunya dengan adanya program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari pemerintah yakni pinjaman modal kerja dan investasi dengan suku bunga rendah. Dengan adanya program kerakyatan tersebut seorang wiraswasta bisa memperoleh pinjaman uang guna pengembangan usaha dan investasi. Dengan demikian modal tidak lagi menjadi penghalang pertumbuhan bisnis yang anda geluti.

Jika tahun lalu pertumbuhan ekonomi dalam negeri terlihat cukup tersendat-sendat, di tahun 2018 ini perekonomian mulai membaik dan akan meningkatkan konsumsi dan minat beli masyarakat. untuk itu bagi anda yang telah berencana berwiraswasta tahun ini menjadi tahun terbaik untuk memulainya. Meski demikian anda perlu secara matang memilih jenis usaha prospek bagus 2018 agar siklut bisnis yang anda geluti berjalan dengan baik sesuai harapan.

Berikut 5 jenis usaha menjanjikan 2018 yang masih memiliki prospek bagus:

1. Salon & Spa Khusus Muslimah Usaha Menjanjikan dengan Keuntungan yang Berkah

Sudah menjadi rahasia umum jika islam merupakan agama mayoritas di Indonesia. Ide bisnis salon khusus muslimah bakalan menjadi usaha yang memiliki prospek bagus di tahun 2018 ini. Salon muslimah merupakan jasa perwatan dan kecantikan yang diberikan khusus melayani wanita muslim. Dengan mengusung konsep tersebut anda tentu harus bersiap agar tidak ada seorang pria pun yang masuk ke dalam salon.

bisnis menjanjikan 2018 salon muslimah

Di beberapa kota besar seperti Jogja, Surabaya, Jakarta, hingga Bogor, salon muslimah sudah mulai ada dan berkembang. Bahkan beberapa perusahaan juga menerapkan sistem kerja sama secara franchise bagi orang lain yang ingin membuka usaha serupa. Bagi anda yang memiliki modal besar bisa saja mempertimbangkan waralaba yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan terkemuka. Namun demikian jika modal anda terbatas ada baiknya membuka salon sendiri dengan perencanaan yang matang.

Simak Juga: 33 Peluang Usaha Rumahan 2018

2. Jasa Web Desain dan Developer Prospek Cerah Hingga Beberapa Tahun ke Depan

Web desain dan developer menjadi usaha menjanjikan 2018. Perkembangan teknologi menuntut perusahaan untuk lebih mudah diakses oleh masyarakat. Dengan adanya tuntutan tersebut perusahaan berbondong-bondong membuat situs web dan aplikasi berbasis android agar informasi perusahaan mereka lebih mudah dijangkau oleh konsumen. Bagi anda yang memilih usaha berbasis teknologi tidak ada salahnya merencanakan usaha di bidang jasa web dan developer.

bisnis menjanjikan 2018 web desain dan developer

Kunci utama dalam memulai usaha ini berada pada tim dan pemasaran. Untuk mengawalinya mungkin anda bisa secara langsung terjun sebagai marketing dan programmer. Namun untuk menciptakan usaha yang profesional anda juga perlu membuat tim solid guna mengembangkan bisnis ini. Dengan demikian masing-masing personal dapat bekerja sesuai keahlian dan bidangnya.

3. Jasa Penitipan Anak/ DayCare Jadi Usaha Menjanjikan 2018

Walaupun jasa penitipan anak/ daycare bukan menjadi model bisnis baru, akan tetapi jenis jasa ini masih cukup jarang ditemukan. Di sisi lain, persamaan gender telah mengantar seorang wanita untuk tetap bekerja meski telah berkeluarga. Kesibukan suami istri dalam berkarier tidak jarang membuat keduanya bingung saat memiliki anak balita. Kondisi ini menjadi prospek bagus bagi anda yang bisa memanejamen dan menyiapkan tempat penitipan anak.

bisnis menjanjikan 2018

Untuk mengawali usah ini anda harus mempersiapkan tempat sekaligus mencari baby sister sesuai kebutuhan. Dengan target konsumen pasangan suami istri yang memiliki kesibukan anda tentu bisa mulai mempromosikan daycare di dalam perumahan.

4. Service Barang Elektronik, Usaha Menjanjikan dengan Keuntungan Menggiurkan

Jasa service barang elektronik kerap dianggap remeh bagi sebagian orang. Padahal jika anda mengetahui keuntungan yang didapat bisa-bisa ngiler di tempat. Ya, jasa ini menjadi salah satu peluang usaha prospek bagus 2018 karena semakin banyak masyarakat pengguna barang elektronik. Segala jenis barang elektronik saat ini telah diproduksi oleh berbagai perusahaan dan ditawarkan dengan harga bervariatif. Sebagai contoh misalnya Televisi Led, Radio, DVD Player, Kulkas, hingga AC dimana jenis dan macamnya sangat banyak. Harga yang jauh lebih murah juga biasa ditawarkan oleh produsen baru untuk menggaet konsumen. Disisi lain barang elektronik memiliki kerentanan terhadap kerusakan entah karena kualitas komponen yang buruk maupun kesalahan pengguna.

bisnis menjanjikan 2018

Keadaan ini menjadi sebuah peluang usaha menjanjikan bagi anda yang memiliki ketrampilan di bidang elektronik. Dengan modal ketrampilan dan ruko ukuran 4×4 anda sudah dapat membuka jasa service barang elektronik.

5. Bisnis Kuliner Tetap Menjadi Usaha Menjanjikan 2018 dengan Keuntungan yang Lezat

Usaha ini menjadi bisnis yang dipilih oleh banyak orang lantaran termasuk jenis usaha menjanjikan dengan prospek bagus. Segala macam usaha kuliner mulai dari jualan bakso, ayam goreng, mie ayam, masakan padang, hingga masakan tradisional lain memiliki tingkat keuntungan cukup besar. Namun demikian ada banyak faktor yang dapat membuat usaha kuliner berkembang dan sukses, beberapa diantaranya ialah lokasi usaha, rasa dan kualitas masakan.

bisnis menjanjikan 2018 kuliner

Mengawali usaha kuliner memang terlihat susah susah gampang, dalam artian susah karena setiap hari dituntut untuk bekerja ekstra dan gampang ketika usaha tersebut telah berjalan. Untuk mengawali jenis usaha ini anda dituntut untuk jeli melihat target pasar yang ada. Saran kami bagi anda yang baru pertama kali terjun di dunia usaha ada baiknya memulainya dengan warung kecil terlebih dahulu. Ke depan jika usaha tersebut memiliki prospek bagus anda tinggal mengembangkan baik dengan memperluas warung maupun membuka cabang baru.

Kenapa jenis usaha menjanjikan 2018 didominasi dengan bisnis jasa? Jawabannya simpel saja, usaha jasa menjadi salah satu bisnis yang dapat dimulai dengan modal kecil dan akan mendatangkan keuntungan besar. Hal ini tentu sangat berbeda jika anda membuka usaha produksi maupun penjualan dimana modal yang dibutuhkan lebih besar dan Break Even Point (BEP) cukup lama. Dengan membuka usaha jasa modal yang anda keluarga bisa saja kembali dalam hitungan bulan.