33 Peluang Usaha Rumahan 2018 Terbaik dan Menguntungkan

Azka Nathania Anggraeni

Peluang Usaha Rumahan 2018 – Jika kita jeli melihat peluang, bisnis rumahan di tahun ini masih cukup terbuka lebar. Terlebih bagi anda yang hingga kini belum mendapatkan pekerjaan tetap atau memiliki pekerjaan namun gaji bulanan belum dapat menutup kebutuhan keluarga sepertinya wajib mempertimbangkan untuk membuka usaha. Jenis dan macam ide usaha sebenarnya dapat mendatangkan keuntungan asalkan kita serius dalam mengelolanya, tidak mudah menyerah dan putus asa.

Jenis usaha rumahan dengan modal kecil secara umum dapat kita kelompok kan menjadi dua macam. Pertama usaha dengan sistem online, dimana bisnis ini dilakukan dengan mengandalkan teknologi dalam pelaksanaannya. Mulai dari pemasaran/ penawaran hingga promosi dilakukan melalui media online. Media online yang lazim digunakan dalam membangun bisnis online diantaranya website, facebook, twetter, instagram, hingga youtube. Jenis kedua yakni usaha offline, dimana metode produksi ataupun promosi dilakukan secara offline. Namun demikian kedua jenis usaha tersebut dapat dilakukan secara bersamaan yakni membuka usaha secara offline namun didukung dengan promosi dan penawaran secara online baik melalui media sosial maupun website.

Daftar Peluang Usaha Rumahan 2018

Peluang usaha rumahan dengan modal kecil yang dapat anda geluti sebenarnya cukup banyak. Bahkan jika harus mencair 50 hingga 50 ide bisnis di tahun 2018 ini kiranya bukan menjadi masalah. Namun demikian kami hanya akan mengulas 33 jenis usaha rumahan yang dapat dilakukan oleh siapa saja baik untuk bisnis utama maupun sampingan.
peluang usaha rumahan 2018
Di bawah ini merupakan 33 Peluang Usaha Rumahan 2018 yang layak anda pertimbangkan:

1. Jasa Jahit/ Tailor

Usaha jahit baju rumahan bisa menjadi alternatif terbaik bagi ibu rumah tangga yang ingin memulai usaha. Jenis bisnis ini memiliki banyak sekali kelebihan, selain modal kecil anda dapat mengawali usaha di rumah tanpa sewa ruko. Namun demikian bagi anda yang ingin membuka jasa jahit di rumah juga wajib memiliki skil dalam menjahit. Sementara alat yang anda butuhkan cukup mesin jahit, pengukur, gunting, benang, dan pernik lain. Cobalah dengan memasang plakat di depan rumah misalnya “New Tailor :Terima Jahit Baju Pria dan Wanita”.

2. Bisnis Cuci Motor dan Mobil

Bagi anda yang memiliki rumah atau pekarangan di tepi jalan raya, cobalah mempertimbangkan usaha cuci motor dan mobil. Lokasi menjadi faktor utama kesuksesan usaha cuci motor dan mobil. Jika memang tidak memungkinkan untuk dilakukan sendiri, anda juga dapat merangkul teman atau tetangga untuk melayani konsumen. Prospek bisnis pencucian kendaraan bermotor tahun 2018 ini benar-benar bagus. Selain pengguna motor dan mobil yang semakin bertambah omset usaha anda juga akan semakin bertambah saat musim hujan datang.

3. Bengkel dan Tambal Ban

Tidak harus berada di tepi jalan utama, bengkel sepeda motor maupun mobil di tepi jalan perkampungan/ pedesaan sekalipun bisa menjadi peluang usaha rumahan yang layak anda pertimbangkan. Tidak jauh berbeda dengan jasa pencucian kendaraan, jasa bengkel juga memiliki prospek yang cerah lantaran semakin banyak nya motor dan mobil di wilayah anda. Beberapa jenis bengkel yang lebih spesifik seperti bengkel khusus kelistrikan, pengecatan, bengkel khusus kaki-kaki mobil, hingga bengkel khusus ac mobil dapat anda jadikan sebagai ide terbaik. Pasalnya hampir semua bengkel khusus sebagaimana yang kita sampaikan di depan memiliki konsumen yang banyak dan akan dicari konsumen meski bengkel anda tidak berada di lokasi yang strategis sekalipun.

4. Agen Pembayaran Listrik Pra Bayar

Setiap rumah tangga sudah pasti membutuhkan listrik sebagai sumber energi. Usaha PLN dalam memudahkan pembayaran tagihan juga menjadi peluang yang patut anda lirik. Membuka loket pembayaran listrik online bisa jadi usaha sampingan yang menguntungkan. Bahkan jika anda bermitra dengan perusahaan agen pembayaran yang memiliki service lengkap bisa juga melayani tagihan kartu kredit, cicilan kredit motor, hingga jasa pembayaran TV berlangganan. Agen loket pembayaran online bisa anda jadikan sebagai salah satu peluang usaha rumahan 2018 yang cukup menguntungkan.

5. Warung Kelontong

Meski usaha warung kelontong sudah terlihat menjamur, namun tidak berarti peluang tersebut telah tertutup bagi anda. Bila anda tinggal di wilayah padat penduduk cobalah untuk membuka usaha warung kelontong. Selain kebutuhan pokok anda juga bisa sekalian berjualan bensin dan gas untuk menambah omset harian. Jenis usaha ini sangat disarankan karena bisa dimulai dengan modal kercil. Selain itu, memiliki pemasukan harian lebih memungkinkan anda dalam mempertahankan dan mengembangkan usaha tersebut.

6. Bisnis Jual Beli Barang Bekas

Barang bekas layak pakai seperti almari, divan, springbed, hingga alat elektronik cukup banyak peminatnya. Alasannya sederhana, harga barang bekas jauh lebih murah dibandingkan dengan barang baru meski dengan kualitas yang tidak jauh berbeda. Jika anda tinggal di kota-kota besar seperti Jogja, Surabaya, Jakarta, Semarang, hingga Malang cobalah melakukan pertimbangan untuk membangun bisnis jual beli barang bekas. Untuk mendapatkan barang dagangan anda bisa mengikuti group-group jual beli anak kost. Hal ini bisa menjadi ladang rupiah bagi anda karena kebanyakan anak kost akan menjual barang bekas nya dengan harga murah ketika telah selesai kuliah.

7. Jasa Service Komputer & Laptop

Peluang usaha jasa service komputer dan laptop juga bisa anda pilih sebagai alternatif usaha dengan modal kecil di tahun 2018 ini. Berbekal ketrampilan dan promosi ala kadarnya, anda bisa saja mendapatkan pelanggan tetap. Bahkan tuntutan pekerjaan saat ini yang memaksa orang-orang gaptek harus menggunakan komputer bisa jadi berkah bagi anda. Selain jasa service komputer dan laptop anda juga bisa melayani jasa service printer.

8. Produksi Kerajinan Tangan dan Souvenir

Produksi pernik kerajinan tangan dan souvenir bisa dimulai dengn modal kecil dan dikerjakan di rumah. jika anda termasuk orang yang kreatif coba saja membeli sample souvenir di pasaran dan meniru nya dengan inovasi maupun dengan bahan yang lebih bagus. Strategi promosi awal bisa anda lakukan dengan menjalin kerja sama dengan jasa cetak undangan maupun menitipkan nya di toko-toko souvenir.

9. Toko Kue dan Roti

Toko kue dan roti maupun gorengan bisa juga anda jadikan sebagai usaha awal dalam mencari rejeki. Cukup bermodalkan lapak sederhana di pinggir jalan usaha jenis ini kerap mendatangkan keuntungan yang melimpah. Awalnya sih memang harus beli dagangan sendiri, namun jika para produsen kue dan roti tahu keberadaan anda biasanya mereka akan menjual produksinya. Simpelnya anda tinggal buka lapak, terima titipan kue dari produsen dan menjualnya ke konsumen. Selain itu anda juga bisa mulai menerima pesanan snack box di acara-acara pertemuan.

10. Jasa Desain Grafis dan Cetak

Membuka jasa desain grafis dan cetak juga jadi peluang usaha rumahan dengan modal kecil. Jika anda memiliki ketrampilan dalam desain grafis baik dengan corel draw, photoshop, maupun menggunakan program lain bisa coba usaha jasa desain grafis. Maraknya online shop saat ini juga memberikan prospek bagus bagi desain grafis karena mereka sering order logo hingga desain iklan. Selain menerima order desain anda juga bisa menerima jasa cetak seperti undangan, kartu nama, pamflet, spanduk, dan lain sebagainya. Jangan anggap remeh usaha yang satu ini karena omset bulanannya tidak kalah besar dengan jenis penjualan barang. Bahkan keuntungan justru berkali lipat karena cukup bermodal ketrampilan.

11. Jasa Fotografer Pre-Wedding & Wedding

Jika anda punya fasilitas foto DSLR dan kelengkapannya? Kenapa tidak coba menawar jasa fotografer untuk acara pre-wedding maupun wedding? Dengan keahlian yang anda miliki usaha ini masih cukup prospek di tahun 2018 ini. Mulailah promosi dengan menawarkan jasa pada teman atau tetangga yang mau melangsungkan pernikahan.

12. Ternak dan Budidaya

Ternak dan budidaya lebih cocok dilakukan di wilayah pedesaan/ perkampungan. Beberapa jenis ternak yang bisa dimulai dengan modal kecil diantaranya ternak jangkrik, ternak kroto, dan ternak ikan hias. Jika anda memiliki modal yang cukup besar bisa mulai beternak ayam, bebek, maupun kambing. Namun demikian sebelum membuka jenis usaha ini anda harus belajar terlebih dahulu cara beternak pada ahlinya sekaligus tawakal pada Tuhan YME karena ternak termasuk jenis usaha yang langsung berkaitan dengan nyawa hewan.

13. Produksi Aneka Keripik

Produksi aneka keripik bisa menjadi pilihan usaha bagi ibu rumah tangga yang ingin memiliki pekerjaan sampingan. Selain fleksibel, produksi keripik juga tidak memerlukan ketrampilan khusus maupun modal besar. Beberapa jenis keripik yang bisa anda coba diantaranya keripik singkong, keripik tempe, bahkan bisa juga membuat keripik buah yang saat ini mulai booming.

14. Jual Gorengan Tiap Sore

Banyak orang yang menganggap remeh penjual gorengan yang menjajakkan gorengan di pinggir jalan tiap sore. Padahal jika kita cermati dagangan mereka selalu habis diserbu pembeli. Jika anda tinggal di wilayah padat penduduk bisa saja memulai usaha ini di depan gang atau menyewa lahan pinggir jalan untuk menjajakkan dagangan.

15. Jasa Fotocopy dan Print

Jika anda memiliki rumah dekat kantor pemerintahan atau kampus jasa fotocopy dan print bisa anda jadikan salah satu pilihan dalam membuka usaha. Sayangnya usaha ini membutuhkan modal di atas Rp 20 juta sehingga perlu anda pertimbangkan secara matang terlebih dahulu.

16. Jasa Penulisan Artikel Online

Jasa penulisan artikel online sangat cocok bagi remaja dan anak muda yang belum dapat pekerjaan. Di samping menunggu lowongan pekerjaan yang sesuai harapan anda bisa coba membuka jasa penulisan artikel secara online. Cukup modal laptop dan jaringan internet anda sudah dapat menawarkan jasa penulisan artikel secara online.

17. Jasa Web Desain/ Membuat Website

Selain jasa penulisan artikel, jasa web desain atau membuat website bisa juga menjadi peluang usaha yang bagus di tahun 2018 ini. Pengguna internet di Indonesia yang semakin bertambah mau tidak mau menuntut perusahaan memiliki website. Hal ini bisa jadi peluang bagus bagi anda yang memiliki keahlian di bidang web desain. Bahkan anda bisa mulai menawarkan jasa dari kamar.

18. Jasa Potong Rambut atau Barbershop

Jasa pangkas rambut atau barbershop bisa dimulai dengan modal kecil dengan keuntungan berlimpah. Meski jenis usaha ini kerap diremehkan oleh sebagian orang namun jika dikelola dengan sungguh-sungguh hasilnya tidak akan mengecewakan. Peluang usaha rumahan yang satu ini bisa anda lakukan jika memiliki rumah di pinggir jalan sehingga terlihat oleh pengendara kendaraan.

19. Jasa Loundry Kiloan

Satu lagi jenis usaha yang sangat cocok bagi ibu rumahtangga. Ya, jasa londry atau cuci pakaian saat ini menjadi bisnis yang menjamur. Namun demikian omzet mereka tidak bisa dipandang sebelah mata.

20. Isi ulang Air Minum

Bila anda memiliki modal yang cukup, coba lihat peluang usaha isi ulang air galon di wilayah anda. Jika usaha serupa masih jarang sementara penduduk sekitar telah menggunakan ari galon sebagai kebutuhan minum. Anda dapat membuka usaha isi ulang air minum dengan mencari mitra perusahaan-perusahaan yang saat ini membuka kemitraan tersebut.

21. Warung Makan dan Catering

Hal yang wajar jika ada seseorang yang menilai bahwa usaha kuliner menjadi usaha paling bagus. Hal ini tidak lain karena semua orang membutuhkan makan setiap hari. Kesibukan masyarakat dalam bekerja biasa membuat mereka malas masak, untuk itu anda bisa mencuri peluang dengan membuka warung makan atau menjual sarapan pagi di sekitar perumahan. Peluang usaha rumahan yang satu ini dapat menjadi sumber penghasilan utama maupun sampingan keluarga, terlebih jika anda tinggal di sekitar kampus.

22. Jasa Persewaan Sound Sistem

Persewaan sound sistem bisa jadi usaha sampingan yang menjanjikan. Anda cukup memiliki peralatan dan kelengkapan sound dan mulai menawarkan bagi tetangga yang memiliki hajatan atau acara besar. Beberapa acara seperti pernikahan, tasyakuran, hingga pengajian biasanya membutuhkan sound sistem. Meski tidak setiap hari mendapatkan orderan, namun jasa persewaan sound sistem bisa dilakukan secara simpel.

23. Produksi Tas Rajut

Produksi rumah tangga yang satu ini bisa menjadi pilihan ibu rumah tangga untuk mengisi waktu luang. Saat ini tas rajut sedang banyak dicari oleh semua kalangan mulai dari remaja hingga ibu-ibu. Untuk itu tidak ada salahnya anda mulai mengasah kemampuan merajut sebagai usaha sampingan. Pemasaran produk bisa dilakukan secara tradisional pada tetangga dan teman maupun melalui sosial media dan online shop.

24. Toko Material dan Bahan Bangunan

Usaha material dan bahan bangunan seperti pasir, batu bata, batako, batu pondasi, dan genting biasa dipilih oleh mereka yang bisa mengendarai mobil. Dengan bekal colt atau truk anda bisa menawarkan pasir dan bahan bangunan lain. Untuk memulai usaha ini anda cukup berperan sebagai broker terlebih dahulu. Jika dirasa pelanggan anda telah banyak baru deh pertimbangkan untuk membuka toko material lain seperti paku, semen, keramik, dan sebagainya.

25. Bimbingan Belajar SD-SMA

Bagi anda yang baru lulus kuliah dari fakultas pendidikan dan belum juga dapat kerja bisa saja membuka usaha bimbingan belajar bagi anak SD – SMA. Mulai dengan menawarkan pada tetangga yang memiliki anak usia sekolah pelan-pelan peserta didik akan bertambah. Bertambahnya peserta didik tentu juga akan menambah pendapatan anda.

Selain 25 ide usaha di atas, anda juga bia mempertimbangkan peluang usaha rumahan 2018 di bawah ini.

26. Jasa Penitipan Anak.
27. Toko Pakan Ternak (PetShop).
28. Distro Pakaian Remaja.
29. Jualan Kartu Perdana Paket Internet dan Pulsa.
30. Jasa Travel dan Umroh.
31. Jualan Es Kelapa Muda dan Minuman Dingin.
32. Jual Beli Rongsokan
33. Jasa Poles Marmer

33 Peluang Usaha Rumahan 2018 di atas bisa anda pilih sesuai kemampuan modal dan keahlian yang anda miliki. Jika anda merasa baru memiliki modal kecil kami sarankan membuka usaha kecil-kecilan dan mempertahankannya selama tahun pertama. Jika dalam tahun pertama anda masih merasa kekurangan modal selanjunya bisa mengajukan pinjaman modal usaha dari pemerintah melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disalurkan oleh berbagai bank mulai BRI, Mandiri, BCA, BPD, hingga BRI Syariah.